Terlibat Keributan, Juara Sumo Mengundurkan Diri

Kompas.com - 29/11/2017, 12:37 WIB
Harumafuji Harumafuji
EditorTjahjo Sasongko

TOKYO, Kompas.com - Juara sejati sumo, Harumafuji mengutarakan niatnya untuk pensiun, setelah tetrlibat skandal memalukan saat ia menyerang seorang pesumo junior di sebuah rumah makan.

Pesumo kelahiran Mongolia berusia 33 tahun ini mengutarakan niatnya kepada asosiasi sumo Jepang yang langsung mengumumkan hal ini, Rabu (29/11/2017).  Harumafuji diketahui memukul pegulat junior, Takanoiwa saat minum-minum bersama atlet sumo lainnya.

Harumafuji disebut-sebut naik darah saat melihat Takanoiwa sibuk dengan smartphone saat diberi tahu mengenai sifat buruknya oleh para senior.

Insiden ini disebut merusak reputasi sumo sebagai olah raga yang sakral dan aristokrat oleh masyarakat Jepang. Padahal  komunitas sumo tengah berusaha memulihkan citra olah raga ini yang sempat terpuruk menyusul serangkaian insiden, termasuk terbunuhnya seorang murid oleh pelatihnya pada 2007.

"Sumo merupakan olah raga dengan tradisi panjang di Jepang. Mereka harus menghilangkan kesan kekerasan untuk lebih menarik orang-orang, termasuk generasi muda," kata menteri pendidikan Jepang, Yoshimasa Hayashi.

Jurubicara asosiasi sumo jepang (JSA) mengatakan pelatih (oyakata) Harumafuji, Isehagama telah memberi tahu keputusan dari anak asuhnya untuk mundur kepada asosiasi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X