Kompas.com - 27/11/2017, 18:32 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika memberikan keterangan pers kepada awak media, di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (22/11/2017). Biro Pers Wakil Presiden RI Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika memberikan keterangan pers kepada awak media, di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (22/11/2017).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA. KOMPAS.com — Sekitar 300 wartawan asal China sudah mendaftar untuk meliput gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Berbagai fasilitas pun sudah diminta, antara lain tempat untuk pusat media di Jakarta Convention Center.

“Jadi dia (China) meminta lahan 1.000 meter persegi di Jakarta Convention Center (JCC), terbesar dari semua negara yang meminta fasilitas,” ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla setelah bertemu Wakil Perdana Menteri China Liu Yandong di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (27/11/2017).

Pemerintah akan menggunakan JCC sebagai pusat media pergelaran Asian Games 2018. Bangunan yang memiliki luas total 120.000 meter persegi itu dinilai mampu menampung ribuan media dari seluruh Asia, termasuk China.

Baca juga: Menpora: Alhamdulillah, Persiapan Asian Games 2018 "So Far So Good"

Menurut Kalla, perhatian media China kepada pergelaran Asian Games 2018 sangat besar. Bahkan, media-media China akan menyiarkan langsung pesta olahraga Asia itu selama 12 jam.

Bagi Kalla, besarnya perhatian media China itu merupakan satu bukti adanya keinginan untuk memperlihatkan supremasi "Negeri Tirai Bambu" tersebut di bidang olahgara.

“Dapat diyakini atau mungkin bahwa nanti juara umumnya bisa China, kan,” kata Kalla sembari tertawa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Dana Penyelenggaraan Asian Games Baru Terkumpul Rp 2 Triliun

Pernyataan Wapres itu bukan tanpa alasan. Sejarah olahraga mencacat bahwa China adalah pengoleksi terbanyak gelar Asian Games dengan sembilan gelar. China mengungguli Jepang dengan delapan gelar.

Dalam gelaran Asian Games 2014 lalu di Incheon, Korea, China mampu menasbihkan diri sebagai jawara umum setelah mengoleksi 151 medali emas. Jumlah itu unggul jauh dari Korea Selatan yang menjadi runner-up dengan 79 emas.

Kompas TV Belasan petenis Indonesia, meramaikan ITF Men’s Future seri ketujuh.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.