Peserta IOX 2017 Celebes Rasakan Sulitnya Trek "Off-road" Sulawesi

Kompas.com - 20/10/2017, 15:16 WIB
Seorang peserta IOX 2017 Celebes melewati trek menantang di Sulawesi. IOX 2017 CelebesSeorang peserta IOX 2017 Celebes melewati trek menantang di Sulawesi.
|
EditorNugyasa Laksamana

ROUTA, KOMPAS.com - Para peserta Indonesia Off-road Expedition (IOX) 2017 Celebes melahap trek berat dan menantang di wilayah Routa, Sulawesi Tenggara pada Kamis (19/10/2017).

Tercatat ada 69 kendaraan off-road, 12 service car, 5 kendaraan media, 10 kendaraan overland (wisata off-road), dan 48 motor yang mengikuti ekspedisi tersebut.

Bukti dari sulitnya trek yang dilalui yakni terjerumusnya seorang peserta mobil off-road ke jurang sedalam 20 meter di kawasan dataran tinggi Koroni.

Peserta tersebut mengalami cedera dan dibawa ke Rumah Sakit Soroako. Ia kemudian diterbangkan ke Jakarta untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Salah satu mobil peserta terperosok ke jurang sedalam 20 meter.IOX 2017 Celebes Salah satu mobil peserta terperosok ke jurang sedalam 20 meter.

Kecelakaan juga dialami oleh seorang peserta motor IOX 2017 Celebes yang terjatuh di medan yang sulit.

Ia mengalami cedera otot bahu yang membuatnya tidak bisa melanjutkan perjalanan dan terpaksa dipulangkan ke Malang.

Hampir semua kendaraan mengalami beraneka ragam kerusakan akibat kerasnya medan serta jauhnya perjalanan, yakni dari Kendari ke Makassar (1.200 kilometer).

Setelah keluar dari perbatasan Sulawesi Tenggara, seluruh peserta melakukan konsolidasi di Soroako dan melanjutkan perjalanan wisata ke Toraja Utara dan Tana Toraja.

Waktu istirahat di Soroako dimanfaatkan banyak peserta untuk memperbaiki kendaraannya yang rusak akibat trek super ekstrim di Koroni.

Meski perjalanan ini sulit dan melelahkan, para peserta terhibur dengan keindahan alam Toraja dan berbagai lokasi wisata lainnya, seperti Lolai yang dijuluki negeri di atas awan.

Rumah adat dan pemakaman khas Toraja di Kete Kesu, Toraja Utara, juga menjadi salah satu obyek wisata yang tak terlewatkan.

Para peserta IOX 2017 Celebes menikmati keindahan alam di Toraja.IOX 2017 Celebes Para peserta IOX 2017 Celebes menikmati keindahan alam di Toraja.

Selanjutnya, para peserta akan melanjutkan perjalanan ke Sulawesi Selatan untuk memasuki trek off-road di daerah Sopeng.

Peserta diperkirakan akan tiba di Makassar pada hari Sabtu (21/10/2017) siang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X