Tiga Atlet Gagal dalam Tes Doping di SEA Games XXIX/Malaysia

Kompas.com - 03/10/2017, 23:48 WIB
Atraksi kembang api menghiasi langit di atas Stadion Bukit Jalil, Malaysia, yang menjadi venue pembukaan SEA Games Kuala Lumpur 2017, Sabtu (19/8/2017). AFP PHOTO/MOHD RASFANAtraksi kembang api menghiasi langit di atas Stadion Bukit Jalil, Malaysia, yang menjadi venue pembukaan SEA Games Kuala Lumpur 2017, Sabtu (19/8/2017).
EditorTjahjo Sasongko

KUALA LUMPUR, Kompas.com - Tiga atlet -termasuk satu peraih medali emas asal Malaysia- dinyatakan positif dalam tes doping  yang dilakukan pasca penyelenggaraan pesta olahraga Asia Tenggara (SEA Games) XXIX/2017 di Malaysia, Agustus lalu.

Ketua komite Anti-Doping Panpel SEA Games, Datuk Dr SS Chema menyebut  berdasar pemeriksaan  yang dilakukan di laboratorium Badan Anti-Doping Dunia (WADA) di India, diketahui ada tiga atlet yang positif menggunakan obat-obat terlarang pada Sampel A mereka.

"Kami telah menerima laporan pemeriksaan laboratorium di New Delhi  tentang kepastian hasil positif obat terlarang pada sampel tiga atlet yang ikut pada SEA Games 2017 lalu.  Namun kami belum dapat memastikan mereka bersalah karena masih akan ada pemeriksaan tambahan," kata Chema kepada media Malaysia.

Dr Cheema mengaku ia tidak dapat menyebutkan nama-nama atlet yang terbukti positif serta negara asal mereka dengan alasan akan merusak reputasi para atlet tersebut.

Ketiga atlet tersebut juga mendapat hak dan kesempatan mengajukan keberatan dan ijin untuk memmbuka sampel B untuk memastikan hal tersebut.

"Pihak federasi SEA Games dapat membatalkan medali apabila mereka adalah peraih medali sementara sanksi kepada mereka yang terbukti gagal dalam tes doping akan diberikan oleh federasi olahraga internasional tempat mereka berinduk," lanjut Cheema.

Media menyebut atlet Malaysia yang ditengarai positif doping berasal dari cabang loncat indah. Tuan rumah Malaysia merebut seluruh 13 medali emas yang diperebutkan di cabang loncat indah.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X