Kompas.com - 01/10/2017, 14:00 WIB
Pebalap Indonesia, Rio Haryanto. MANOR GRAND PRIX RACING LTDPebalap Indonesia, Rio Haryanto.
|
EditorNugyasa Laksamana

VALENCIA, KOMPAS.com - Mantan pebalap Formula 1 (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto, kembali menjajal dunia balap. Pada Selasa (3/10/2017) mendatang, dia akan mengikuti tes mobil balap listrik Formula E di Valencia, Spanyol.

Rio akan menjalani tes Formula E di Circuit Ricardo Tormo, atau dikenal pula dengan nama Circuit de Valencia.

Berdasarkan informasi dari sang ibunda, Indah Pennywati, Rio sudah berangkat dari Indonesia menuju Spanyol sejak Sabtu (30/9/2017).

"Rio ikut tes setelah diundang oleh pihak Formula E. Nanti soal mobilnya sudah disiapkan di sana. Jadi, ini baru tes pramusim," kata Indah saat dihubungi KOMPAS.com pada Minggu (1/10/2017) siang.

Baca: Bos Toro Rosso Lempar "Kode" untuk Sean Gelael?

Seperti halnya F1, Formula E juga merupakan ajang balapan yang berada di bawah naungan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Formula E menggunakan mobil bertenaga listrik dan digagas sejak tahun 2012. Kejuaraan perdananya digelar di Beijing, China pada September 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk tahun ini, balapan Formula E akan menggelar musim keempatnya pada awal Desember 2017 mendatang.

"Ya saya senang juga Rio bisa kembali menyetir. Dia belum memutuskan apakah benar-benar ikut balapan Formula E atau balapan yang lain," kata Indah.

"Sekarang dia mau jajaki dulu Formula E. Dengan ikut tes, paling tidak dia punya pandangan, pengalaman, dan bisa kembali balapan," tutur dia.

Baca: Kisah Rio Haryanto dan Formula 1 2016

Rio memang sudah cukup lama absen dari dunia balap. Setelah menjalani 12 seri balapan F1 2016 bersama Manor Racing Team, dia praktis belum lagi berpartisipasi dalam ajang resmi.

Pemuda 24 tahun itu akhirnya memutuskan untuk bekerja di perusahaan keluarganya di Solo, Jawa Tengah, dan sempat beberapa kali terlibat dalam ajang triatlon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.