Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tommy Kalah Lagi dari Chong Wei, Tunggal Putra Indonesia Habis

Kompas.com - 21/09/2017, 17:21 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, kembali menelan kekalahan dari Lee Chong Wei (Malaysia). Kali ini, kekalahan itu terjadi pada babak kedua Jepang Terbuka yang berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Kamis (21/9/2017).

Dalam laga tersebut, Tommy kalah dengan skor 20-22, 17-21. Melalui hasil ini, rekor pertemuan Tommy dengan Lee semakin buruk. Hingga duel ke-16, Tommy belum pernah sekalipun menang atas Lee.

Tommy sebetulnya punya peluang untuk menang dalam laga kali ini. Hal tersebut dapat dilihat dari duel sengit yang langsung tersaji pada gim kesatu.

Baik Tommy maupun Lee bergantian mendulang poin hingga kedudukan 7-7. Lee kemudian melepaskan diri terlebih dahulu dari tekanan Tommy. Dia memimpin skor 10-7 setelah meraih tiga poin beruntun.

Tommy merespons tantangan Lee tersebut dengan memenangi enam poin berikutnya secara berturut-turut. Melalui tambahan poin tersebut, Tommy berbalik unggul 13-10.

Tommy lalu melanjutkan keunggulan hingga mencapai game poin pada kedudukan 20-17. Namun, dia tidak bisa menyudahi gim dengan kemenangan.

Sebaliknya, Lee justru mampu menemukan kembali irama permainannya dan berbalik menang setelah meraih lima poin beruntun.

Memasuki gim kedua, laga ketat antara Tommy dan Lee kembali tersaji. Kali ini, kedua pemain terlibat aksi saling kejar poin hingga skor 8-8.

Namun, seperti pada gim kesatu, Lee lebih dulu melepaskan diri dari tekanan Tommy. Melalui lima poin beruntun yang diraih, Lee unggul 13-8.

Tommy sempat menyamakan kedudukan menjadi 13-13 dan 14-14, tetapi upayanya ini belum bisa mengubah keadaan.

Lee yang bermain lebih tenang dan percaya diri perlahan-lahan meninggalkan perolehan poin Tommy. Setelah bermain selama 47 menit, peraih medali perak Olimpiade Rio 2016 ini tampil sebagai pemenang.

Sejauh ini, Indonesia baru meloloskan dua wakil ke babak perempat final yakni pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra) dan Praveen Jordan/Debby Susanto (ganda campuran).

Skuad Merah Putih masih bisa menambah dua wakil lagi melalui pasangan ganda putri nasional, Greysia Polii/Apriani Rahayu, dan pasangan ganda putra beda negara, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong (Indonesia/Malaysia).

Saat berita ini ditulis, Greysia/Apriani tengah menjalani laga melawan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang), sedangkan Hendra/Tan masih menunggu jadwal bertanding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber JUARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com