Kompas.com - 05/09/2017, 17:36 WIB
Atraksi kembang api menghiasi langit di atas Stadion Bukit Jalil, Malaysia, yang menjadi venue pembukaan SEA Games Kuala Lumpur 2017, Sabtu (19/8/2017). AFP PHOTO/MOHD RASFANAtraksi kembang api menghiasi langit di atas Stadion Bukit Jalil, Malaysia, yang menjadi venue pembukaan SEA Games Kuala Lumpur 2017, Sabtu (19/8/2017).
EditorTjahjo Sasongko

 

 

KUALA LUMPUR, Kompas.com – Penyelenggaraan SEA Games XXIX/2017 di Malaysia tampaknya akan ternoda setelah seorang atlet terbukti positif dalam pemeriksaan doping.

Dewan Olimpik Malaysia (OCM) memastikan hal ini setelah mendapat pemberitahuan dari komite anti-doping SEA games yang diketuai oleh Datuk Dr SSA Cheema, Senin (4/9/2017).

Panitia penyelenggara SEA Games XXIX memang melakukan pemeriksaan doping terhadap hampir semua peraih medali. Mereka juga melakukan pemeriksaan doping secara acak kepada peserta lainnya.

Menurut sekretaris OCM, Datuk Low Beng Choo pihaknya memang telah menemukan kasus hasil pemeriksaan yang positif, namun belum bisa memberikan keterangan secara detil.

“Kami belum bisa memberi keterangan secara detil, namun kami memastikan ada kasus positif terjadi.  Kami hanya bsia memberi keterangan lebih lengkap setelah ada pemeriksaan lanjutan,” kata Low.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Media Malaysia menyebut atlet yang diketahui positif doping ini bukan atlet tuan rumah.

“Yang kami tahu, peraih medali ini diketahui positif dalam pemeriksaan terhadap sampel A. Atlet yang bersangkutan akan diberi hak untuk mengajukan permohonan untuk pemeriksaan sampel B dan baru kami akan melakukan dengar pendapat setelah itu,” lanjut Low.

 “Proses ini tentunya membutuhkan waktu.”



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X