Kompas.com - 26/08/2017, 16:58 WIB
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Edi Subaktiar dan Gloria Emanuelle Widjaja bereaksi dalam babak pertama BCA Indonesia Open 2017  di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (13/6/2017). Yuta Watanabe dan Arisa Higashino menang dengan skor 21-18, 13-21 dan 21-17 KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Edi Subaktiar dan Gloria Emanuelle Widjaja bereaksi dalam babak pertama BCA Indonesia Open 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (13/6/2017). Yuta Watanabe dan Arisa Higashino menang dengan skor 21-18, 13-21 dan 21-17
|
EditorTjahjo Sasongko

KUALA LUMPUR, Kompas.com - Tim bulutangkis Indonesia kembali dirundung duka di ajang SEA Games 2017. Setelah kehilangan salah satu andalan di ganda putri, kini giliran satu wakil di ganda campuran yang harus gugur.

Dalam laga pertama di nomor perorangan yang berlangsung di lapangan satu, pasangan Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja terpaksa mundur dengan kedudukan akhir 5-8 karena Edi mengalami cedera. Edi/Gloria harus merelakan tiket perempat final jatuh ke tangan wakil tuan rumah Malaysia yang diwakili Chan Peng Soon/Cheah Yee See.

Sebelumnya di laga semifinal beregu putri melawan Malaysia, pasangan Rosyita Eka Putri Sari/Ni Ketut Mahadewi Istarani juga mundur dalam kedudukan 5-7 di game pertama. Di pertandingan yang juga berlangsung di lapangan yang sama, Rosyita mengalami cedera lutut kiri dan tak dapat melanjutkan pertandingan.

“Posisi jatuhnya sama dengan Rosyita, dugaan awal adalah cedera lutut kiri juga. Kami masih menunggu hasil pemeriksaan dokter, ” kata Vita Marissa, Asisten Pelatih Ganda Campuran PBSI.

“Kejadian ini memang disayangkan, kekuatan wakil ganda campuran Indonesia berkurang. Tetapi yang namanya musibah, mana ada pemain yang mau cedera,” ujar Vita kepada Badmintonindonesia.org. “Semoga Hafiz/Shela bisa tampil baik di babak perempat final besok,” tambah Vita.

Dengan demikian, nomor ganda campuran tinggal bertumpu pada pasangan Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia. Pasangan ini akan bertemu dengan Bodin Issara/Savitree Amitrapai, pasangan asal Thailand yang sudah pernah mengalahkan mereka di dua pertemuan sebelumnya.

Tantangan berat memang tengah ditatap tim ganda campuran Indonesia, namun peluang tetap terbuka. “Seharusnya kami bisa tampil lepas karena lawan lebih diunggulkan. Belajar dari kesalahan sebelumnya, kami tidak mau lagi mengikuti pola main lawan yang cepat, terutama Bodin. Mereka membuat kami bawaannya mau menyerang terus, ini yang disukai mereka,” ujar Shela yang ditemui di Axiata Arena.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Indonesia sementara telah mengirim enam wakil ke babak perempat final. Mereka adalah Jonatan Christie dan Ihsan Maulana Mustofa (tunggal putra), Fitriani dan Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra) serta Hafiz/Shela. Masih ada harapan menambah satu wakil lagi lewat pasangan Berry Angriawan/Hardianto yang belum bertanding.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.