Kompas.com - 19/08/2017, 22:38 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Khairy Jamaluddin. AFP/MOHD RASFANMenteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Khairy Jamaluddin.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia Khairy Jamaluddin menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan cetak bendera Indonesia di buku panduan SEA Games 2017.

Buku panduan itu dibagikan kepada para pejabat yang hadir pada pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8/2017).

Menpora Imam Nahrawi kemudian mengungkapkan kekecewaannya soal perkara tersebut melalui media sosial Twitter.

Imam menilai bendera Indonesia yang dicetak terbalik di buku panduan merupakan sebuah keteledoran fatal dari pihak panitia.


Sekitar satu jam kemudian, kicauan Imam direspons oleh Jamaluddin. Ia menyampaikan permintaan maaf atas kesalahan fatal tersebut.

"Bapak Imam, please accept my sincere apologies for this. Sesungguhnya tiada niat jahat. Saya amat kesal dengan kesilapan ini. Mohon maaf," tulis Jamaluddin lewat akun Twitter-nya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
Bendera Indonesia yang tercetak terbalik terdapat di halaman ke-80 buku panduan SEA Games 2017.

Warna bendera Indonesia yang seharusnya merah putih, berganti menjadi putih merah layaknya bendera Polandia.

Di bawah bendera tersebut tertulis tahun ketika Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games yaitu 1979, 1987, 1997 dan 2011.

Kesalahan mencetak bendera hanya terjadi pada Indonesia. Sementara itu, bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.