Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap AHRT Sukses Tuntaskan Balapan Suzuka 4 Hours

Kompas.com - 30/07/2017, 04:23 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

SUZUKA, KOMPAS.com - Dua pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Rheza Danica Ahrens dan Awhin Sanjaya, menempati urutan ketujuh pada ajang Suzuka 4 Hours Endurance Race di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (29/7/2017).

Rheza dan Awhin menuntaskan balapan ketahanan tersebut dengan catatan waktu 3 jam 30 menit dan 55,043 detik.

Marketing Director Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengatakan balapan ketahanan merupakan salah satu ajang terbaik dalam membantu proses pembentukan pebalap muda yang mengikuti pembinaan berjenjang.

"Semangat para pebalap dan tim sangat luar biasa dan membanggakan. Mereka sukses melewati 4 jam balapan dengan hasil positif," ujar Thomas dalam keterangan rilis yang diterima KOMPAS.com.

"Ini menjadi proses pembinaan dan pembelajaran yang sangat penting bagi pebalap muda dalam meraih mimpinya sampai ke ajang tertinggi. Terima kasih atas kerja keras seluruh tim Astra Honda Racing Team," tutur Thomas menambahkan.

Sejak awal, balapan ketahanan Suzuka 4 Hours sudah menguras tenaga dan konsentrasi kedua pebalap Astra Honda Racing Team.

Cuaca hujan mengharuskan tim segera mengganti ban basah sebelum balapan dimulai.

Meskipun demikian, Rheza yang memacu Honda CBR600RR langsung menduduki posisi pertama saat bendera start dikibarkan.

Pebalap Astra Honda Racing Team, Rheza Danica Ahrens, tampil pada ajang Suzuka 4 Hours di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (29/7/2017).Dok. Astra Honda Motor Pebalap Astra Honda Racing Team, Rheza Danica Ahrens, tampil pada ajang Suzuka 4 Hours di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (29/7/2017).

"Balapan tahun ini lebih banyak tantangan dan membutuhkan konsentrasi tinggi karena banyak hal terjadi selama balapan, seperti cuaca yang berubah dan banyaknya kecelakaan," kata Rheza.

"Fokus harus tinggi dan tim juga perlu bekerja keras menentukan strategi terbaik," ucap dia.

Sementara itu, Awhin yang menggantikan Rheza sempat turun ke posisi ke-10. Namun, perlahan Awhin dan Rheza secara bergantian mampu memperbaiki posisi mereka dan kembali ke posisi 3 besar saat balapan memasuki 1 jam terakhir.

Hingga balapan berakhir, Awhin dan Rheza mampu mempertahankan posisi ketiga hingga menyentuh garis finis pada akhir lomba.

Namun, Awhin sempat melakukan kesalahan saat bendera kuning berkibar pada sesi akhir balap.

Ia melakukan overlaping pebalap yang berada di posisi belakang sebelum melewati bendera hijau.

Panitia balapan akhirnya menjatuhkan penalti dua lap untuk Astra Honda Racing Team dan mereka harus puas finis di posisi ketujuh.

Sementara itu, dua pebalap Satu Hati Honda Team Asia, Dimas Ekky Pratama dan Ratthapong Wilairot, telah melewati sesi Top 10 Trial dengan catatan waktu 2 menit 9,966 detik.

Berdasarkan hasil tersebut, Dimas akan memulai balapan dari posisi ke-10 pada ajang Suzuka 8 Hours. Dimas dan Ratthapong akan bersaing dengan 68 tim balap lain.

Balapan Suzuka 8 Hours akan digelar di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (30/7/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com