Minggu, Gowes Pesona Nusantara Dihelat di Tabanan

Kompas.com - 28/07/2017, 21:10 WIB
Kabupaten Tabanan juga menggelar Gowes pada Minggu (30/7/2017) dalam mendorong masyarakat untuk terus berolahraga bersama Kemenpora melalui program andalannya #Ayoolahraga.
Dok. KemenporaKabupaten Tabanan juga menggelar Gowes pada Minggu (30/7/2017) dalam mendorong masyarakat untuk terus berolahraga bersama Kemenpora melalui program andalannya #Ayoolahraga.
|
EditorPipit Puspita Rini

KOMPAS.com - Setelah pekan lalu Kabupaten Klungkung, Bali, sukses menghelat Gowes Pesona Nusantara 2017, kini giliran Kabupaten Tabanan yang akan menyajikan hal sama pada Minggu (30/7/2017).

Gowes Pesona Nusantara bertujuan mendorong masyarakat terus berolahraga bersama Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui program andalannya #Ayoolahraga.

Hal yang menarik dari perhelatan Gowes Pesona Nusantara adalah pengeksplorasian destinasi wisata wilayah setempat dan lebih memperkuat rasa nasionalisme.

Kebinekaan itu diwakili oleh penyatuan tanah dan air yang diambil dari 90 titik kabupaten di Indonesia.

Di Tabanan, pengambilan tanah dilakukan di Pura Batukaru. Sementara air diambil di Pura Ulun Danu Beratan, dari tengah Danau Beratan oleh pemuka adat dan pemangku kebijakan setempat.

Keanggunan Pura Ulun Danu terlihat jelas dalam prosesi pengambilan tanah dan air yang diawali dengan ritual adat setempat.

Ribuan warga bahkan turis asing yang tengah menikmati pesona pura Ulun Danu juga menyaksikan prosesi pengambilan tanah dan air di pura.

"Wow... amazing, sebelumnya saya tidak tahu ada kegiatan seperti ini di pura Ulun Danu. Saya sangat beruntung mampu mengabadikan momen ini yang menggabungkan olahraga dengan pariwisata serta pereratan negara kesatuan Republik Indonesia," kata Jordan Fritz, turis asal Inggris, Jumat (28/7/2017).

Kabid Pembinaan Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga Kemenpora dr I Nyoman Winata Spko sangat mengapresiasi keantusiasan warga Tabanan.

"Saya sangat terharu melihat masyarakat Kabupaten Tabanan yang terlibat dalam prosesi pengambilan tanah dan air di pura Ulun Danu," kata I Nyoman Winata.

Tanah dan air itu disemayamkan di area pura kantor Bupati Tabanan yang akan diserahkan pada Minggu (30/7/2017), saat gowes di Tabanan. Acara akan dimeriahkan musik khas Tabanan yakni okokan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X