Kompas.com - 18/07/2017, 17:06 WIB
|
EditorNugyasa Laksamana

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) menyatakan bahwa persiapan untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang telah berjalan sesuai jadwal.

Hal itu dinyatakan JK setelah menjalani rapat dengan panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Rapat dihadiri pula oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Ketua Umum INASGOC Erick Thohir, dan beberapa pejabat lainnya.

"Kami melakukan rapat koordinasi untuk mengecek persiapan sarana dan prasarana. Semua sarana berjalan sesuai schedule," ujar JK yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Asian Games 2018.

"Sebagian besar diharapkan selesai akhir tahun, atau setidaknya awal tahun," tutur JK.

Selain membicarakan tentang sarana, rapat tersebut juga membahas soal pembiayaan. JK pun berharap penyelenggaraan Asian Games 2018 bisa berlangsung dengan lancar.

"Masalah budget, kami akan menyesuaikan. Sejauh ini, penyelenggaraan berjalan baik. Tinggal beberapa penyelesaian. Kami memantau secara terbuka. Harapannya, semoga ini semua bisa berdampak dengan peningkatan peringkat Indonesia di SEA Games dan Asian Games," kata JK.

Wakil Presiden Jusuf Kalla, bersama sejumlah menteri, melakukan rapat koordinasi dengan panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta, Selasa (18/7/2017).DOK. INASGOC Wakil Presiden Jusuf Kalla, bersama sejumlah menteri, melakukan rapat koordinasi dengan panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Imam dan sejumlah pejabat dari INASGOC dan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) turut mendampingi JK dalam mengunjungi pemusatan latihan dua cabang olahraga.

Dua cabang olahraga yang dikunjungi yakni taekwondo di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta, serta bola voli indoor di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor.

"Sejak pagi, kami telah meninjau pelatnas taekwondo dan voli. Kemudian dilanjutkan dengan rapat evaluasi, mulai dari soal penyelenggaraan, venue, dan prestasi. Alhamdulillah, semua sesuai dengan yang dikerjakan dan direncanakan," ucap Imam.

"Selain itu, SEA Games 2017 di Kuala Lumpur juga menjadi bagian penting untuk menyiapkan atlet kita menuju sukses prestasi pada Asian Games 2018, meskipun tak semua atlet SEA Games akan tampil di Asian Games, sehingga berlaku promosi dan degradasi," ucap dia.

Asian Games 2018 akan berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Ajang multi-event ini akan mempertandingkan 39 cabang olahraga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.