Kompas.com - 08/07/2017, 15:40 WIB
Gowes Pesona Nusantara kembali digelar setelah sempat diliburkan karena Hari Raya Idul Fitri. Kali ini, kegiatan digelar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (8/7/2017). KEMENPORAGowes Pesona Nusantara kembali digelar setelah sempat diliburkan karena Hari Raya Idul Fitri. Kali ini, kegiatan digelar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (8/7/2017).
|
EditorAloysius Gonsaga AE

LOMBOK, KOMPAS.com - Gowes Pesona Nusantara (GPN) kembali digelar setelah sempat diliburkan seiring perayaan Hari Raya Idul Fitri. Kali ini, kegiatan digelar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (7/7/2017) pagi.

Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga Kemenpora, I Nyoman Winata, mengonfirmasi bahwa ajang ini diikuti oleh 3.500 peserta.

"Tadi masih banyak yang mendaftar dan ingin ambil bagian. Mereka adalah simpatisan," kata Nyoman dalam rilis yang diterima oleh KOMPAS.com.

Start GPN di Lombok Barat dimulai di kantor bupati. Setelah melewati rute belasan kilometer, para peserta melaju ke jalan utama yang memutar hingga finis di tempat yang semula.

Baca: Hari Pertama Kerja, Menpora Minta Maaf dan Beri Kejutan

Mereka tak hanya mengayuh sepeda, tetapi juga ada prosesi pengambilan tanah air di wilayah Lombok Barat untuk disatukan dengan tanah-tanah dari 90 kota yang dipilih sebagai lokasi GPN.

Tanah Lombok Barat diambil di desa tua Kuripan (kuburan Kerajaan Kuripan Lombok Barat). Sementara itu, airnya diambil dari sumber air desa Kuripan yang merupakan sumur air di wilayah tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prosesi itu turut dihadiri oleh tokoh masyarakat, agama, dan juru kunci makam.

Nyoman optimistis, jumlah peserta GPN bakal terus melimpah karena simpatisan yang ingin ambil bagian juga cukup banyak jumlahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Kemenpora
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.