Kompas.com - 13/06/2017, 04:14 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memberikan kenang-kenangan kepada pelari ultra yang juga hiperman Indonesia Hendra Wijaya di Kantor Wali Kota Bogor, Sabtu (10/6/2017) malam. Kompas/Agus HermawanWali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memberikan kenang-kenangan kepada pelari ultra yang juga hiperman Indonesia Hendra Wijaya di Kantor Wali Kota Bogor, Sabtu (10/6/2017) malam.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati


BOGOR, KOMPAS.com – Kota Bogor bakal memiliki ajang lomba lari maraton skala internasional. Menurut rencana, lomba lari tersebut akan diadakan pada 9 Juli 2017.

“Pelari akan menyusuri kawasan Kota Bogor. Rute seluruh kategori sudah kami survei,” ujar Bima Arya, Wali Kota Bogor.

Lomba lari tersebut diadakan memeriahkan hari jadi ke-535 Kota Bogor. Pemilihan waktu malam hari (sundown) untuk kategori Full Marathon (FM) diambil dengan mempertimbangkan kenyamanan para pelari, selain untuk mengekspos keindahan dan romantisme Kota Hujan ini.

“Keputusan ini juga memperhatikan upaya memberikan pengalaman lari yang berbeda kepada pelari,” lanjut Bima Arya.

Ia sendiri telah mencanangkan Bogor sebagai the City of Runners sejak tahun 2016 lalu.

Secara teknis, konsep tersebut diimplementasikan antara lain dalam bentuk membangun jalur pedestrian yang dapat dipakai berlari, selain juga membangun trek lari di sejumlah taman yang ada di Kota Bogor.

Gagasan terselenggaranya race ini datang dari ide sejumlah putra daerah yang tergabung dalam ikatan alumni keluarga besar SMA Negeri I Bogor (Ika Smansa).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelompok ini menaruh minat pada olah raga lari dan memandang penting olah raga ini sebagai daya dorong dan daya dukung pada pola hidup sehat.

Baca juga: Argentina Tanpa Messi, Di Maria Jadi Sasaran Penggemar di Singapura

 

Dengan latar belakang tersebut, maka tekad Kota Bogor untuk menjadi tuan rumah lomba maraton tengah malam patut mendapat respek dan apresiasi tersendiri. Kegiatan olah raga ini tidak dapat dilepaskan dari orientasi pemberdayaan ekonomi lokal dengan berkembangnya konsep sport tourism.

“Kedatangan para pelari akan kami sambut dengan baik, dan Bogor siap mengekspos keindahannya kepada publik melalui para pelari,” tutur Bima Arya lebih lanjut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.