Kompas.com - 11/06/2017, 17:58 WIB
EditorTjahjo Sasongko


JAKARTA, Kompas.com - Turnamen BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017 (BIOSSP) dengan hadiah senilai satu juta Dollar AS atau senilai lebih dari Rp. 13 miliar akan bergulir Senin (12/6/2017).

Turnamen tahunan ini merupakan salah satu dari lima turnamen premier di dunia selain All England, Denmark Open, Malaysia Open dan China Open.

Setelah bertahun-tahun stadion Istora menjadi tuan rumah Indonesia Open, tahun ini venue berpindah ke JCC Plenary Hall yang tentunya akan menghadirkan warna baru dalam penyelenggaraan kejuaraan ini. Istora tengah direnovasi jelang pelaksanaan Asian Games 2018.

“BIOSSP siap dilaksanakan, seluruh atlet juga sudah siap bertanding. Memang lapangan masih belum seratus persen, namun besok pagi insha Allah sudah siap semua dan semua bisa berjalan,” kata Achmad Budiharto, Ketua Panitia Pelaksana BIOSSP 2017.

“Tahun ini konsepnya masih sama dengan tahun lalu, yaitu konsep sportainment. Penyelenggaraan tahun ini memang bertepatan dengan bulan Ramadhan, kami sudah mencoba untuk melobby BWF (Badminton World Federation) supaya digeser jadwalnya. Namun terkait dengan turnamen lain, hal ini tidak bisa dilakukan,” jelas Budiharto yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PP PBSI.

Penyelenggaraan BIOSSP 2017 di bulan Ramadhan dianggap sedikit banyak mempengaruhi animo masyarakat untuk datang dan menonton langsung aksi para pebulutangkis-pebulutangkis terbaik Indonesia.

“Memang sedikit merugikan buat kita, animo penonton sedikit berkurang. Namun ini bisa jadi blessing juga, karena kapasitas JCC jauh lebih sedikit dibanding Istora,” kata Budiharto dalam acara jumpa pers yang berlangsung di Hotel Sultan (11/6) siang.

Budiharto menjelaskan, jika Istora mampu menampung sampai enam ribu penonton, JCC hanya memiliki kapasitas sebesar 3400 penonton. Jika dipotong area untuk ofisial, atlet, dan lain-lain, maka kapasitas jadi berkurang hingga 2500-2800 penonton.

Pertandingan akan dimulai besok, Senin (12/6) hingga Minggu (18/6). Laga kualifikasi akan membuka BIOSSP 2017, mulai pukul 09.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.