Kompas.com - 05/06/2017, 10:15 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Spanyol, Maverick Vinales, mencium trofi yang didapat setelah finis di urutan kedua pada GP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (4/6/2017). VINCENZO PINTO/AFP PHOTOPebalap Movistar Yamaha asal Spanyol, Maverick Vinales, mencium trofi yang didapat setelah finis di urutan kedua pada GP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (4/6/2017).
EditorPipit Puspita Rini

MUGELLO, KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Spanyol, Maverick Vinales, kini memiliki keunggulan 26 poin di klasemen sementara MotoGP 2017.

Vinales mendapat tambahan 20 poin setelah finis di urutan kedua pada balapan GP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (4/6/2017). Dia finis di belakang Andrea Dovizioso (Ducati Team).

"Saya sangat puas bisa finis di urutan kedua karena hari ini sangat sult, terutama setelah insiden pada Jumat sore (sesi latihan bebas kedua). Saya jarang jatuh, tetapi sekali terjadi, cukup parah," kata Vinales setelah balapan.

"Saya beruntung masih bisa berjalan. Ketika kembali ke paddock, kondisi tangan kanan saya terlihat buruk. Seperti ada tulang yang keluar, tetapi ternyata itu hanya otot yang bengkak," kata dia lagi.

Dengan tangan kanan sakit, Vinales masih bisa mengunci pole position. Dia menjadi yang tercepat saat sesi kualifikasi, Sabtu (3/6/2017).


Namun, saat start balapan, dia langsung kehilangan posisi setelah terlewati rekan satu timnya, Valentino Rossi.

Setelah bersaing ketat dengan Rossi dan Jorge Lorenzo (Ducati Team), Vinales naik ke urutan pertama pada lap ketiga. Dia bertahan di sana hingga Dovizioso melewatinya pada lap ke-14 dari 23 putaran balapan.

"Saya melakukan putaran (1 menit) 47 detik dan mencoba memacu motor semaksimal mungkin. Namun, Dovi sangat kuat hari ini. Dia melakukan yang terbaik," kata pebalap 22 tahun tersebut.

Baca juga:Vinales: Tiga Lap Pertama Sangat Penting

"Saya adalah tipe pebalap yang selalu siap bersaing pada enam atau tujuh putaran terakhir. Hari ini, saya banyak berpikir soal kejuaraan (posisi di klasemen). Saya pikir, hari ini 20 poin lebih penting dari 25 poin," kata dia lagi.

Setelah balapan GP Italia, Vinales menyebut Dovizioso sebagai salah satu pesaing utama. Dovizioso saat ini berada di urutan kedua klasemen, 26 angka tertinggal dari Vinales.

Baca juga: Rossi Tercepat, Marquez dan Lorenzo Menyusul pada FP3 GP Italia

"Kami punya banyak sekali pesaing. Valentino, Dovi, Marc (Marquez), dan Dani (Pedrosa), mereka siap bersaing. Kami harus sangat pintar, dan ketika ada kesempatan untuk menang, ambil," kata Vinales.

"Namun, saya juga harus lebih pintar dan mencoba untuk tidak melakukan kesalahan seperti yang terjadi pada Jumat," kata dia menambahkan.

Vinales dan para pebalap lain tak punya banyak waktu untuk beristirahat. Akhir pekan nanti (9-11 Juni), mereka akan bersaing pada GP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Spanyol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.