Kompas.com - 05/06/2017, 09:13 WIB
EditorPipit Puspita Rini

MUGELLO, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, hanya bisa membawa pulang 10 poin setelah finis di urutan keenam pada GP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (4/6/2017)

Dia merupakan pebalap Honda dengan posisi finis terbaik pada balapan 23 putaran tersebut. Ban depan yang tidak maksimal menyulitkan Marquez untuk bersaing di depan.

"Saya memulai balapan dengan kuat dan bahkan sempat berpikir akan bisa menang. Namun, saya segera melihat bahwa itu akan sulit," kata Marquez seusai balapan.

Marquez memilih ban depan medium asimetris untuk balapan. Namun, dia merasa ban tersebut terlalu lembut untuk gaya late braking-nya. Marquez pun mengaku mengalami kesulitan.

Baca juga: Rossi Tercepat, Marquez dan Lorenzo Menyusul pada FP3 GP Italia

"Orang mungkin bertanya, 'Mengapa dia tidak memakai ban hard?'. Sisi kanan ban medium sebenarnya lebih keras dibanding ban berkompon hard, sementara sisi kirinya jauh lebih soft," kata dia menjelaskan.

"Saya bisa melakukan putaran bagus selama 12 lap - kurang lebih - dan setelah itu ban sudah rusak," kata pemilik tiga gelar juara dunia MotoGP tersebut.

Pada putaran-putaran awal balapan, Marquez masih bisa bersaing dengan para pebalap di depan. Bahkan, dia sempat naik ke posisi ketiga, tetapi tidak bertahan lama.

Baca juga: Vinales: Tiga Lap Pertama Sangat Penting

Marquez bertahan di posisi kelima, sebelum Alvaro Bautista (Aspar Team) melewatinya pada lap ke-11. Hingga akhir balapan, dia tertahan di belakang Bautista.

"Saya sempat berpikir untuk melewati Bautista pada lap terakhir, tetapi apa gunanya jika dia bisa melewati saya lagi sebelum garis finis," kata pebalap 24 tahun tersebut.

Balapan GP Italia dimenangi Andrea Dovizioso (Ducati Team). Maverick Vinales (Movistar Yamaha MotoGP) dan Danilo Petrucci (Octo Pramac Racing) finis di urutan kedua dan ketiga.

Setelah GP Italia, Marquez kini berada di urutan keempat klasemen sementara pebalap dengan 68 poin. Dia tertinggal 37 angka dari Vinales yang memimpin klasemen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.