Valentino Rossi, dari Sakit di Tangan hingga Sulit Bernapas

Kompas.com - 03/06/2017, 10:03 WIB
Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, melakukan pemanasan sebelum turun pada sesi latihan bebas GP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (2/6/ 2017). VINCENZO PINTO/AFP PHOTOPebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, melakukan pemanasan sebelum turun pada sesi latihan bebas GP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (2/6/ 2017).
EditorPipit Puspita Rini

MUGELLO, KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, harus menahan sakit yang dia rasakan saat menjalani hari pertama GP Italia di Autodromo de Mugello, Jumat (2/6/2017).

"Hari yang sulit. Di Sirkuit Mugello, dengan motor MotoGP dan suhu yang panas, secara fisik sudah sangat sulit. Apalagi, jika kamu tidak dalam kondisi 100 persen," kata Rossi.

Rossi turun pada GP Italia dengan kodisi fisik belum sepenuhnya pulih setelah kecelakaan saat berlatih motokros, pekan lalu.

Pada sesi latihan bebas pertama (free practice 1/FP1), Rossi menyelesaikan 15 putaran. Dia mengaku kaget karena ternyata tangan kanannya juga terasa sakit.

Setelah sesi, dia menjalani perawatan di Clinica Mobile. Saat turun pada FP2 yang berlangsung siang waktu setempat, dia bisa melakukan 19 putaran.


"Pada sesi pagi (FP1) saya sangat menderita, terutama saat melakukan akselerasi karena saya merasakan sakit di tangan kanan saya," kata Rossi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ketika membuka gas, saya harus menahan handlebar (setang) dengan sekuat tenaga. Saya merasa sangat kesakitan. Sejujurnya, saya tidak menduga itu. Saya kaget," kata dia lagi.

Rossi tidak memakai painkiller (penghilang rasa sakit) saat turun pada FP1, karena itulah dia merasa sangat kesakitan.

Saat FP2, dia memutuskan untuk mencoba memakai painkiller, tetapi yang sangat ringan, mendekati normal. Rossi berharap itu akan cukup.

Baca juga: Jadwal MotoGP Italia 2017

"Saat sesi siang (FP2), saya mengalami kesulitan bernapas. Namun, biasanya Jumat merupakan hari terburuk. Setelah itu, badanmu beradaptasi dengan suhu, tekanan, dan semoga saya bisa lebih baik," kata Rossi.

Rossi menutup dua sesi latihan bebas pertama GP Italia dengan masing-masing berada di urutan ke-15 dan ke-12 pada daftar pencatat putaran tercepat.

Dia akan turun pada sesi latihan bebas ketiga, Sabtu (3/6/2017) pukul 09.55 waktu setempat (14.55 WIB).

Di klasemen sementara pebalap musim ini, Rossi berada di urutan ke-3 dengan 62 poin, tertinggal 23 poin dari rekan satu timnya, Maverick Vinales, yang berada di puncak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.