Kompas.com - 02/06/2017, 18:55 WIB
Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya saat menjalani sesi latihan bebas keempat GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Sabtu (6/5/2017). PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP PHOTOPebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya saat menjalani sesi latihan bebas keempat GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Sabtu (6/5/2017).
EditorPipit Puspita Rini

MUGELLO, KOMPAS.com - Pebalap Italia, Valentino Rossi, sudah dua kali terjatuh dengan cukup keras saat berlatih motokros. Terakhir, dia terjatuh saat berlatih di Cross Club Cavallara, Mondavio, Pesaro Urbino, Italia, Kamis (25/5/2017).

Akibat kejadian tersebut, Rossi merasakan sakit di bagian dada dan perut. Bahkan, dia mengaku sempat merasakan sulit untuk bernapas. Dia juga sempat dirawat di rumah sakit

"Saya selalu naik motokros, juga setelah 2010 (setelah kecelakaan pertama dengan motokros), karena saya suka," kata Rossi kepada media di Sirkuit Mugello, Italia, Kamis (1/6/2017).

"Saya sangat menikmati motokros dan menurut saya ini latihan terbaik, fisik maupun mental. Namun, setelah kecelakaan kemarin, karier motokros saya mungkin berakhir," kata Rossi sambil tersenyum.

Kecelakaan pertama Rossi saat berlatih motokros terjadi pada pertengahan April 2010, hanya beberapa hari setelah dia memenangi balapan GP Qatar. Dia mengalami cedera di bahu kanan karena insiden tersebut.

Baca juga: Vinales Akui Belum 100 Persen di Atas Motor Yamaha

"Sejujurnya, saya merasa sangat beruntung kerana ketika terjatuh kemarin sangat mungkin untuk mengalami patah (tulang atau lainnya), lalu harus melewatkan dua balapan penting musim ini," kata Rossi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi, bagus buat saya masih bisa berada di sini dan mencoba," ujar pemilik sembilan gelar juara dunia di semua kelas tersebut.

Rossi harus menjalani pemeriksaan medis pada Kamis (1/6/2017) untuk mendapatkan izin ikut GP Italia di Sirkuit Mugello, 2-4 Juni.

Baca juga: Vinales: Kemenangan di Mugello Akan Krusial

"Di Sirkuit Mugello, atmosfernya selalu spesial, buat saya dan juga pebalap Italia lain, karena fan di sini sangat bersemangat, dan posisi mereka sangat dekat dengan lintasan," kata Rossi.

"Hal itu membuat para pebalap memacu motor dengan maksimal karena kamu bisa merasakan riuhnya suara penonton," ujar dia menambahkan.

Rossi sudah turun pada sesi latihan bebas pertama GP Italia, Jumat (2/6/2017) pagi waktu setempat.

Dia melakukan 15 putaran pada sesi 45 menit tersebut dan berada di urutan ke-15 daftar pencatat putaran tercepat.

Baca tentang


Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X