Pemerintah Kejar Target Venue Asian Games 2018 Rampung Akhir Tahun

Kompas.com - 29/05/2017, 22:18 WIB
KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Pekerja menyelesaikan proyek renovasi di Kolam Renang Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jumat (24/3/2017). Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) yang akan menjadi venue penyelenggaraan Asian Games XVIII 2018 mendatang bakal direnovasi dengan standar internasional untuk pertandingan olahraga dan ditargetkan selesai pada November 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa perkembangan pembangunan venue Asiam Games 2018 masih sesuai jadwal.

"Progres di Gelora Bung Karno (GBK) itu adalah sampai hari Kamis kemarin saya lihat sekitar 40,3 persen dari rencana 46 persen. Jadi lebih cepat 5 persen rata-rata," kata Basuki di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Tak hanya itu, kata Basuki, dalam waktu dekat ini tepatnya bulan Juni sejumlah venue akan tuntas dikerjakan. Venue yang akan dikejar penyelesaiannya antara lain, lapangan hoki, lapangan bola ABC untuk latihan, lapangan tenis indoor dan outdoor.

"Akan selesai 10 Juni 2017 ini. Jadi 2-3 lapangan yang akan selesai. Lainnya untuk stadion utama progressnya sudah 86 persen selesai Oktober 2017," kata Basuki.

(Baca: "Test Event" Jelang Asian Games 2018 Digelar Awal Tahun Depan)

Secara umum, menurut Basuki, semua venue Asian Games ditargetkan akan selesai pada Oktober-Desember tahun ini.

"Itu Insya Allah bisa selesai semua. Stadion utama, training facilities, aquatic. Di Istora, stadion madya basketball, softball, baseball juga akan selesai pada bulan Desember 2017. Mudah-mudahan untuk kawasan wisma atlet juga akan selesai 30 Desember 2017," kata dia.

Tak berbeda, kata Basuki, untuk venue di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, saat ini juga tengah dikebut pemerintah agar bisa tuntas akhir tahun ini.

"Venue dayung kita lebarkan dari 1.200 meter menjadi 2.200 meter dan selesai pada desember 2017. Sekarang progressnya 25 persen. Shooting range September 2017 sekarang progresnya 36 persen," tutup Basuki.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorSabrina Asril
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X