Kompas.com - 13/05/2017, 23:36 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melepas para peserta Gowes Pesona Nusantara 2017 di Kota Sabang, Sabtu (13/5/2017). KEMENPORAMenteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melepas para peserta Gowes Pesona Nusantara 2017 di Kota Sabang, Sabtu (13/5/2017).
|
EditorPipit Puspita Rini

SABANG, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi melepas peserta Gowes Pesona Nusantara 2017 di Kota Sabang, Aceh, Sabtu (13/5/2017) siang.

Pelepasan tersebut ditandai dengan pengibaran bendera start, serta prosesi penyerahan air dan tanah dari Kadisdikpora Kota Sabang, Misman, kepada Imam.

Imam kemudian memberikan air dan tanah tersebut kepada para peserta yang akan dibawa ke Magelang.

"Selain menggali potensi wisata dan potensi olahraga, Gowes Pesona Nusantara juga bisa merekatkan rasa solidaritas karena peserta akan estafet melalui Banda Aceh, Sumatera Utara sampai ke Magelang," ujar Imam.

"Mereka akan menghubungkan kita sebagai anak bangsa untuk lebih kuat dan solid," ucap dia.

Pada pelepasan tersebut, Imam didampingi Walikota Sabang Zulkifli H Adam, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Asisten Deputi Kemitraan, Penghargaan Olahraga Dwijayanto Sarosa Putera, dan mantan juara dunia bulu tangkis, Icuk Sugiarto.

KEMENPORA Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menaiki sepeda saat menghadiri acara pelepasan peserta Gowes Pesona Nusantara, di Kota Sabang, Sabtu (13/5/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Imam mengatakan, selain dari sisi ekonomi, Gowes Pesona Nusantara juga termasuk sebagai rangkaian promosi Asian Games.

Hal itu menunjukkan bahwa Asian Games bukan hanya di Jakarta dan Palembang, tetapi juga ada di Sabang, Merauke dan wilayah Indonesia lainnya.

Kegiatan ini akan berlangsung di 90 kabupaten/kota. Pesertanya meliputi masyarakat umum dan para atlet dari berbagai kalangan penjuru Indonesia.

Imam berharap kegiatan ini juga bisa memecahkan rekor MURI karena jarak tempuh dari Sabang/Merauke ke Magelang mencapai 5.000 km.

Sabang menjadi salah satu dari empat kabupaten/kota yang menjadi titik start awal serentak Gowes Pesona Nusantara. Tiga titik lainnya yakni Tarakan, Atambua, dan Merauke.

Sepanjang etape itu, jalan dan pantai berdampingan sehingga pebalap sepeda akan dimanjakan suara desir ombak dan angin pantai yang menyejukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Kemenpora
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.