Kompas.com - 13/05/2017, 23:31 WIB
Pebalap Perancis, Norman Nato, bersiap saat akan menjalani balapan pertama (feature race) GP Spanyol di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (13/5/2017). PERTAMINA ARDENPebalap Perancis, Norman Nato, bersiap saat akan menjalani balapan pertama (feature race) GP Spanyol di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (13/5/2017).
EditorPipit Puspita Rini

BARCELONA, KOMPAS.com - Dua pebalap tim Pertamina Arden, Norman Nato dan Sean Gelael, tak bisa meraih hasil sesuai yang diharapkan pada balapan pertama GP Spanyol, Sabtu (13/5/2017).

Pada balapan 37 putaran di Circuit de Barcelona-Catalunya tersebut, Sean finis di urutan ke-16. Sementara itu, Nato finis di urutan ke-17.

Nato yang memulai balapan dari posisi start ke-7 turun dua tempat pada putaran-putaran awal balapan. Sementara itu, Sean yang start dari posisi ke-17, perlahan bisa memperbaiki posisi.

Beberapa pebalap yang berada di depan mulai menjalani pit stop wajib yang otomatis mendongkrak posisi Sean dan Nato.

Pada lap ke-10, mobil Sergio Canamasas (Trident) bermasalah dan terhenti di tengah lintasan. Safety car masuk ke lintasan.

Situasi ini tak menguntungkan para pebalap di barisan depan, termasuk Sean dan Nato. Apalagi mereka belum melakukan pit stop untuk mengganti ban.

Sebaliknya, kehadiran safety car menguntungkan pebalap-pebalap yang sudah masuk pit stop karena jarak mereka dengan pebalap di depan menjadi lebih dekat.

Baca juga: F2 Spanyol, Momen Penting untuk Sean Gelael

Dengan kondisi ban yang sudah mulai terdegradasi, Sean dan Nato tak mampu mempertahankan posisi mereka di sepuluh besar.

Posisi mereka kian tertinggal setelah masuk pit stop untuk pergantian ban.

Tim Pertamina Arden memakai strategi ban hard (prime) dan soft (option). Sejak awal, kedua pebalap diatur untuk masuk pit stop pada lap ke-26 dan ke-27.

Head Engineering Tim Pertamina Arden Gaetan Jego juga menyebut performa mobil tidak sepenuhnya sesuai dengan harapan.

Balapan ini dimenangi pebalap Prema Racing, Charles Leclerc. Bagi rookie asal Monako tersebut, ini merupakan kemenangan keduanya musim ini setelah balapan kedua (sprint race) GP Bahrain.

Sean dan Nato masih punya kesempatan untuk mendapatkan hasil bagus saat turun pada sprint race, Minggu (14/5/2017).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X