Kompas.com - 03/05/2017, 15:10 WIB
Pebalap Movistar Yamaha MotGP asal Italia, Valentino Rossi (depan), memimpin balapan GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (24/4/2016). JORGE GUERRERO/AFP PHOTOPebalap Movistar Yamaha MotGP asal Italia, Valentino Rossi (depan), memimpin balapan GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (24/4/2016).
EditorPipit Puspita Rini

JEREZ, KOMPAS.com - Persaingan MotoGP 2017 sampai di daratan Eropa. GP Spanyol yang merupakan seri keempat akan digelar di Sirkuit Jerez, 5-7 Mei.

Sirkuit Jerez kali pertama menjadi tuan rumah Grand Prix pada 1987. Tahun berikutnya, GP Spanyol pindah ke Sirkuit Jarama, lalu kembali ke Sirkuit Jerez pada 1989 hingga sekarang.

Sebelum persaingan akhir pekan ini dimulai, berikut beberapa data dan fakta seputar GP Spanyol dan Sirkuit Jerez.

- Sirkuit Assen (Belanda) merupakan satu-satunya tempat yang menjadi tuan rumah Grand Prix lebih lama dari Sirkuit Jerez.

- Sejak MotoGP digelar pada 2002, Honda dan Yamaha sama-sama menang tujuh kali di Sirkuit Jerez.

- Ducati sekali menang di sirkuit ini pada 2006 lewat Loris Capirosi (Italia). Dia mengawali balapan dari pole position. Kali terakhir Ducati bisa naik podium di Sirkuit Jerez adalah pada 2011 ketika Nicky Hayden (AS) finis di urutan ketiga.

- Suzuki kali terakhir menang di Sirkuit Jerez pada 2000 (500cc) lewat Kenny Roberts (AS). Aleix Espargaro (Spanyol) finis di urutan kelima pada 2011, yang merupakan hasil terbaik Suzuki pada era MotoGP.

- Aleix Espargaro yang tahun ini membela Aprilia Racing Team Gresini akan menjalani grand prix ke-200 pada GP Spanyol tahun ini. Dia akan menjadi pebalap ke-39 dalam 69 tahun Kejuaraan Dunia yang bisa mencapai 200 balapan di semua kelas. Dia adalah pebalap Spanyol ke-9 yang mencatat prestasi tersebut.

- Sejak 2004, selalu ada minimal satu pebalap Spanyol yang naik podium pada balapan MotoGP di Sirkuit Jerez.

- Kemenangan Alberto Puiq pada 1995 merupakan kali pertama pebalap Spanyol menjuarai balapan kelas premier di negara sendiri.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber MotoGP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.