Kompas.com - 03/05/2017, 13:31 WIB
Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, merayakan kemenangan pada GP Americas di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Minggu (23/4/2017). GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP PHOTOPebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, merayakan kemenangan pada GP Americas di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Minggu (23/4/2017).
EditorPipit Puspita Rini

JEREZ, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, punya bekal bagus untuk menghadapi seri keempat MotoGP 2017, GP Spanyol, di Sirkuit Jerez, 5-7 Mei.

Marquez meraih kemenangan pertama musim ini pada GP Americas di Circuit of The Americas (COTA), Austin, dua pekan lalu.

"Saya senang seri berikutnya kembali ke Spanyol setelah balapan yang jauh (Qatar, Argentina, dan Amerika)," kata Marquez dalam rilis yang dikeluarkan Repsol Honda.

"Tentu saja kemenangan di Austin memberi kepercayaan diri lebih kepada seluruh tim dan motivasi untuk tetap bekerja keras dan memahami bagaimana motor bisa berkembang," kata Marquez lagi.

Dengan kemenangan di Austin, posisi Marquez di klasemen sementara pebalap terdongkrak ke posisi ketiga dengan 38 poin.

Dia masih tertinggal dari dua pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi (56 poin) dan Maverick Vinales (50).


Meski senang akan balapan di negara sendiri, Marquez juga mengakui bahwa Sirkuit Jerez bukanlah lintasan yang mudah untuk dia taklukkan.

"Sirkuit ini seperi lintasan 'old school'. Lintasannya sangat penek, sangat sempit, dengan titik akselerasi yang berat, dan area pengereman yang kuat," kata pebalap 24 tahun tersebut.

"Kamu harus bisa membuat motor menikung dengan baik dan tetap stabil saat pengereman, karena dengan begitu kamu bisa mendapatkan putaran yang bagus," kata Marquez.

Dalam 10 penyelenggaraan terakhir GP Spanyol di Sirkuit Jerez, pebalap Honda empat kali meraih kemenangan. Enam balapan lainnya selalu dimenangi Yamaha (Rossi 3, Jorge Lorenzo 3).

Dani Pedrosa membawa Honda menang di sana pada 2008 dan 2013, Casey Stoner menang pada 2012, sementara Marquez juara pada 2014.

"Lawan-lawan kami selalu sangat cepat di sini. Namun, kami juga bisa meraih hasil bagus jika bisa memulai dengan baik sejak Jumat pagi (sesi latihan bebas pertama)," kata Marquez.

Sejak ikut Grand Prix pada 2008 (125cc) hingga sekarang, Marquez baru sekali menang di Sirkuit Jerez (2014). Dia lima kali naik podiun dan tiga kali mengunci pole position.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.