Kompas.com - 26/04/2017, 18:09 WIB
Pebalap Formula 2 asal Indonesia, Sean Gelael (kanan), bersama rekan satu timnya, Norman Nato (Perancis, dua dari kanan), dan Chief Enginer Pertamina Arden Gaetan Jego (dua dari kiri), berbagi informasi tentang mobil balap formula dalam acara From Circuit to Campus di Universitas Indonesia, Rabu (26/4/2017). PIPIT PUSPITA RINI/KOMPAS.COMPebalap Formula 2 asal Indonesia, Sean Gelael (kanan), bersama rekan satu timnya, Norman Nato (Perancis, dua dari kanan), dan Chief Enginer Pertamina Arden Gaetan Jego (dua dari kiri), berbagi informasi tentang mobil balap formula dalam acara From Circuit to Campus di Universitas Indonesia, Rabu (26/4/2017).
EditorPipit Puspita Rini

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat melihat mobil Formula 1 atau Formula 2, salah satu yang mungkin langsung terlintas di benak kita adalah bagaimana posisi duduk sang pebalap.

Satu hal yang yang pasti, tidak banyak ruang buat sang pebalap di mobil single-seater sehingga dia bisa duduk nyaman.

Hal ini juga ditanyakan oleh salah satu mahasiswa Universitas Indonesia yang hadir dalam acara "From Circuit to Campus", Rabu (26/4/2017).

Dalam acara tersebut, hadir Sean Gelael, pebalap Indonesia yang sekarang berlaga di Formula 2, sebagai nara sumber.

Selain itu juga ada rekan satu tim Sean di Pertamina Arden, Norman Nato (Perancis), serta Chief Engineer tim, Gaetan Jego (Perancis).

"Kamu terlalu tinggi, Sean," kata Nato sambil tertawa setelah pertanyaan tersebut dilontarkan. Nato memiliki tinggi badan 177 cm, sementara Sean 188 cm.


Tinggi badan pebalap memang berpengaruh dalam mobil single-seater. Pebalap dengan ukuran badan lebih panjang atau tinggi, umumnya punya kesulitan lebih.

"Pebalap dengan ukuran badan setinggi Nato memang lebih mudah. Sementara saya, Nico (Hulkenberg), dan (Sebastian) Ocon, memang lebih sulit," kata Sean.

Hulkenberg dan Ocon merupakan pebalap Formula 1. Musim ini, Hulkenberg membalap untuk tim Renault, sementara Ocon memperkuat tim Force India.

"Ruangan di mobil formula sangat sempit, tidak banyak ruang untuk bergerak, jadi sulit untuk saya. Kaki saya panjang, tangan saya juga panjang, jadi benar-benar harus diatur," kata Sean.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X