Ada Bendera Indonesia di Mobil Pebalap Australia, Luis Leeds

Kompas.com - 13/04/2017, 20:56 WIB
Mobil pebalap Josef Kaufmann Racing asal Australia berdarah Indonesia, Luis Leeds, yang akan dipakai pada persaingan Eurocup Formula Renault 2.0 2017. ISTIMEWAMobil pebalap Josef Kaufmann Racing asal Australia berdarah Indonesia, Luis Leeds, yang akan dipakai pada persaingan Eurocup Formula Renault 2.0 2017.
EditorPipit Puspita Rini

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Presley Martono, ada pebalap berdarah Indonesia lain yang turun pada Eurocup Formula Renault 2.0 (FR 2.0) 2017 yaitu Luis Leeds.

Luis merupakan pebalap kelahiran Melbourne, 6 Maret 2000. Ayahnya, Dean Leeds, adalah orang Australia, sementara sang ibu, Maria, merupakan perempuan Indonesia.

Saat menjalani tiga tes pramusim di Sirkuit Magny-Cours (Perancis), Sirkuit Paul Ricard (Perancis), dan Nurburgring (Jerman), Maret lalu, ada bendera Indonesia yang menempel di mobil Luis.

"Karena saya merasa salah kalau hanya memakai bendera Australia. Ibu saya orang Indonesia. Saya punya latar belakang Indonesia. Rasanya salah kalau saya hanya memasang bendera Australia," kata Luis saat dihubungi Kompas.com melalui telepon.

 

Gave it all I got

A post shared by LUIS LEEDS (@luisleeds) on Oct 3, 2016 at 2:35am PDT


Lahir dan besar di Melbourne, bukan berarti Luis tidak mengenal budaya Indonesia. Dia bahkan mengaku fasih berbahasa Indonesia ketika masih kecil.

"Dulu waktu kecil saya lancar berbahasa Indonesia dan saya juga belajar di sekolah Indonesia yang ada di Melbourne," kata Luis yang kini memperkuat tim Josef Kaufmann Racing.

"Entah bagaimana, setelah besar saya lupa bahasa Indonesia. Mungkin karena tidak dipakai lagi dalam komunikasi sehari-hari," ujar dia menambahkan.

Pebalap yang kini berusia 17 tahun tersebut juga beberapa kali berkunjung ke Indonesia, tetapi itu sudah lama sekali dilakukan.

"Lama sekali, mungkin 10 tahun yang lalu. Saya pasti akan ke Indonesia lagi, dan itu pasti sangat menyenangkan," ujar sulung tiga bersaudara ini.

FR 2.0

Seperti Presley, Luis akan menjadi salah satu rookie pada FR 2.0 musim ini. Dia juga belum pernah turun di 10 sirkuit yang akan menjadi tuan rumah musim ini.

"Saya pernah balapan di Sirkuit Silverstone, tetapi di sirkuit kecilnya. Kalau di sirkuit besarnya belum pernah. Semua sirkuit yang akan dipakai musim ini, masih baru buat saya," kata Luis.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X