Kompas.com - 09/04/2017, 08:24 WIB
EditorPipit Puspita Rini

TERMAS DE RIO HONDO, KOMPAS.com - Para pebalap MotoGP memacu motor di lintasan basah untuk kali pertama musim ini pada hari kedua GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Sabtu (8/4/2017).

Bagi pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Valantino Rossi, kondisi tersebut membuat dia tahu apa yang menjadi penyebab masalah front-end motornya sejak tes pramusim.

Sebelumnya, dia mengatakan bahwa masalah motornya bermula dari ban Michelin yang terlalu lembut. Namun, kini Rossi menyatakan bahwa masalah sesungguhnya berasal motornya yang berubah.

Hal ini diketahui Rossi setelah mengalami masalah yang sama saat memacu motor di lintasan kering atau basah, ketika dia memakai ban yang jelas berbeda.

"Saya merasakan masalah yang sama saat masuk tikungan. Tahun lalu, saya lebih kuat. Motor lama terasa lebih natural. Motor sekarang, saya harus berusaha lebih. Sesuatu yang lebih sulit," kata Rossi.

Rossi hanya bisa berada di urutan ke-16 pada sesi latihan hari pertama, Jumat (7/4/2017). Dia harus memulai kualifikasi dari sesi pertama (Q1).

Pada Q1 yang berlangsung di lintasan basah, dia keluar sebagai dua pebalap tercepat dan berhak ikut kualifikasi kedua (Q2). Hasilnya, Rossi berhasil mengunci posisi start ke-7.


"Posisi ke-7 tidak buruk jika mengingat kecepatan saya. Saya tidak tahu apakah di lintasan kering akan bisa melakukan hal yang sama," ujar pebalap 38 tahun tersebut.

"Start dari baris ketiga cukup bagus. Sekarang tinggal melihat kondisi lintasan. Semoga lintasan akan kering sepenuhnya atau basah sepenuhnya, tidak setengah-setengah," ujar dia lagi.

Sementara itu, rekan satu tim Rossi, Maverick Vinales, tidak bisa meraih hasil maksimal saat lintasan basah. Mendominasi sesi latihan hari pertama, Vinales hanya bisa mengunci posisi start ke-6.

Balapan MotoGP Argentina akan berlangsung Minggu (9/4/2017) mulai pukul 16.00 waktu setempat atau Senin 02.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Motorsport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.