Kompas.com - 07/04/2017, 20:41 WIB
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo badmintonindonesiaMarcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
EditorTjahjo Sasongko

KUCHING, Kompas.com -  Ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo  memukau publik Stadion Perpaduan, Kuching karena semangat pantang menyerah yang mereka perlihatkan.

Dalam babak perempat final Malaysia Open Super Series Premier 2017, Marcus/Kevin memenangi adu mental dengan menundukkan pasangan rangking satu dunia, Li Junhui/Liu Yuchen (Tiongkok), dengan skor 7-21, 21-17, 21-17.

Tampil kurang meyakinkan dan harus kalah telak 7-21  di gim pertama, Marcus/Kevin tak mau menyerah di gim kedua. Meski sering tertinggal,  Marcus/Kevin tak mau menyerah. Saat tertinggal 14-17, Marcus/Kevin langsung bangkit dan merebut tujuh poin berturut-turut dan menang 21-17.

Di gim ketiga, Marcus/Kevin kembali tertinggal. Meskipun pertahanan Marcus/Kevin tak sekokoh biasanya, mereka mencoba untuk terus meraih angka demi angka dengan mengungguli bola-bola depan net. Lagi-lagi Marcus/Kevin memenangi adu mental dengan Li/Liu dengan keluar dari tekanan dan balik unggul 17-16. Kala itu Marcus/Kevin sudah tak dapat dihetikan, mereka pun merebut gim ketiga.

“Kami merasa lucky, tidak bisa dipungkiri faktor keberuntungan dalam pertandingan itu penting. Sebetulnya kami tidak mengubah strategi di gim pertama, tetapi kami lebih siap dengan serangan lawan di gim kedua dan ketiga,” kata Marcus.

“Permainan yang kami terapkan sama saja, main no lob dan jangan angkat bola karena mereka tinggi-tinggi. Permainan depan Liu sedang bagus, tadi ngadu terus sama Kevin,” tambahnya.

“Di gim pertama memang kami tidak menemukan ritme permainan kami, shuttlecock yang dipakai lajunya kencang, jadi kami main net dan shuttlecock keangkat langsung diserang lawan. Kunci kemenangannya tadi adalah bertahan tak mau menyerah, mau ketinggalan berapapun pokoknya coba terus. Memang tadi kami sering berada dalam tekanan, tetapi kami tidak memikirkan menang, tapi gimana dapat poin satu demi satu,” ujar Kevin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.