Target Sponsorship Asian Games 2018 Rp 2 Triliun

Kompas.com - 30/03/2017, 17:28 WIB
Pekerja menyelesaikan proyek renovasi di Kolam Renang Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jumat (24/3/2017). Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) yang akan menjadi venue penyelenggaraan Asian Games XVIII 2018 mendatang bakal direnovasi dengan standar internasional untuk pertandingan olahraga dan ditargetkan selesai pada November 2017. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIPekerja menyelesaikan proyek renovasi di Kolam Renang Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jumat (24/3/2017). Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) yang akan menjadi venue penyelenggaraan Asian Games XVIII 2018 mendatang bakal direnovasi dengan standar internasional untuk pertandingan olahraga dan ditargetkan selesai pada November 2017.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menargetkan, bantuan sponsor untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 mencapai Rp 2 triliun. Pasalnya, tidak mungkin pemerintah menganggarkan seluruh anggaran Asian Games dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Target perolehan dana dari sponsorship antara Rp 1,5 sampai Rp 2 triliun,” kata Puan usai rapat lanjutan Asian Games 2018 di Kantor Wapres, Kamis (30/3/2017).

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang sebelumnya ditunjuk sebagai Ketua Tim Pengarah Asian Games 2018, meminta Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Games 2018 (Inasgoc), mengefisiensi anggaran penyelenggaran.

(Baca: Dana Terbatas, Wapres Pangkas Jumlah Cabang Olahraga Asian Games 2018)

Awalnya, Inasgoc mengusulkan Rp 8,7 triliun untuk anggaran penyelenggaran. Namun, Wapres meminta anggaran itu direvisi hingga separuhnya.

Puan mengatakan, ada sejumlah calon sponsor potensial yang akan disasar pemerintah untuk membantu penyelenggaraan event empat tahunan itu. Namun, ia masih merahasiakan siapa saja sponsor yang dimaksud.

“Semua harus gotong royong untuk Asian Games. Semua bersepakat sponsorship penting untuk bisa dilakukan (pendekatan) sehingga semua bisa berpartisipasi di Asian Games 2018,” kata dia.

(Baca: Anggaran Pembangunan Infrastruktur Asian Games 2018 Rp 5,5 Triliun)

Sebelumnya, Apindo menyatakan, siap membantu pemerintah untuk menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Ketua Dewan Pimpinan Harian Apindo Shinta Kamdani menyatakan, Asian Games merupakan event olah raga berskala internasional penting. Pengusaha dapat berperan aktif dalam menyukseskannya sekaligus mempromosikan produk usaha masing-masing.

“Tidak juga produk, tapi bisa juga branding. Karena ini kesempatan untuk promosi,” kata Shinta di Kantor Wapres.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X