Kompas.com - 27/03/2017, 06:55 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Spanyol, Maverick Vinales, merayakan kemenangannya pada balapan GP Qatar di Sirkuit Internasional Losail, Minggu (26/3/2017). MOTOGP.COMPebalap Movistar Yamaha asal Spanyol, Maverick Vinales, merayakan kemenangannya pada balapan GP Qatar di Sirkuit Internasional Losail, Minggu (26/3/2017).
EditorPipit Puspita Rini

LOSAIL, KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, memenuhi prediksi banyak orang ketika akhirnya memenangi balapan GP Qatar di Sirkuit Internasional Losail, Minggu (26/3/2017).

"Saya sangat puas dan tim sudah melakukan pekerjaan luar biasa. Saya berusaha menjaga agar motor selalau dalam set-up terbaik dan sejujurnya, saya mengawali musim ini dengan baik," kata Vinales setelah balapan.

Memulai balapan dari pole position, Vinales sempat merosot ke urutan kelima. Di tikungan 1, dia sempat nyaris bersenggolan dengan Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3).

"Saya tiba di tikungan 1 dengan berada di urutan kedua, lalu Zarco datang dan saya harus meminggirkan motor karena kalau tidak kami akan bertabrakan," kata dia.


Vinales juga terlewati Marc Marquez (Repsol Honda), Andrea Dovizioso (Ducati Team), dan Andrea Iannone (Team Suzuki Ecstar).

"Saya tidak bisa mendapatkan kecepatan di tikungan karena sulit untuk membelokkan motor. Saya sempat keluar lintasan di salah satu tikungan cepat, jadi putaran-putaran awal tadi memang sulit buat saya," ujar dia lagi.

Pebalap 22 tahun tersebut mengaku sempat kehilangan konsentrasi dan sulit mendapatkan ritme balapan yang bagus.

Dia akhirnya bisa berkonsentrasi dan kepercayaan dirinya kembali. Dia berhasil mendekati Marguez dan melewatinya. Selanjutnya, dia mengejar Dovizioso yang memimpin balapan.


"Akhirnya saya dan Andrea melakukan persaingan ketat dan saya sangat puas dengan Yamaha. Saya berterima kasih kepada tim karena mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa," kata Vinales.

Vinales dan Dovizioso bersaing selama beberapa putaran hingga lap terakhir. Vinales bertahan dan akhirnya lebih dulu menyentuh garis finis.

"Hasil ini sangat luar biasa, seperti mimpi bersama Yamaha, bisa mendapatkan pole position dan meraih kemenangan. Saya tidak bisa meminta lebih dari ini," ucap Vinales.

Bagi Vinales, ini merupakan kemenangan keduanya sejak naik ke kelas MotoGP pada 2015. Kemenangan pertamanya didapat pada GP Inggris 2016 bersama Suzuki Ecstar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.