Kompas.com - 25/03/2017, 08:23 WIB
EditorPipit Puspita Rini

LOSAIL, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, menilai Maverick Vinales (Movistar Yamaha) berada satu langkah di depan pebalap lain pada persaingan GP Qatar di Sirkuit Internasional Losail, akhir pekan ini.

Vinales menjadi yang tercepat dalam daftar akumulasi tiga sesi latihan bebas GP Qatar, meskipun sempat sekali terjatuh saat menjalani sesi kedua, Jumat (24/3/2017) malam.

"Jika saya bisa melaju mengikuti dia, itu sudah akan jadi hasil yang bagus (saat balapan)," kata Marquez yang berada di urutan ketiga dalam daftar akumulasi tiga sesi latihan.

"Kami masih bisa mendapatkan kemajuan dan harus melihat bagaimana kondisi lintasan. Namun sejujurnya, untuk sekarang, sepertinya Maverick selangkah di depan pebalap lain," ujar Marquez.

Sejak naik ke MotoGP pada 2013, Marquez baru sekali memenangi balapan di Qatar yakni pada 2014. Tahun lalu, dia masih bisa naik podium setelah finis di urutan ketiga.

"Kami harus mencari cara supaya bisa naik podium," ujar Marquez. Pemilik tiga gelar juara dunia MotoGP ini lalu mengakui bahwa cengkeraman bannya kurang.

"Tahun lalu dengan cengkeraman ban kurang, kami bisa sedkit lebih bagus. Tahun ini, sepertinya dengan karakter mesin dan cengkeraman ban kurang, kami lebih kesulitan karena itu membuat akselerasi jadi semakin berkurang," aku Marquez.

Marquez menjelaskan bahwa untuk urusan akselesari semua bagian saling berhubungan.

"Dari bawah hingga bagian atas (motor). Di bagian bawah, kami tidak bisa mendapatkan kecepatan, maka di bagian atas kami mencoba menarik gas lebih agresif, akibatnya ban jadi lebih spinning. Jadi, semua berhubungan," kata dia.

Marquez menggambarkan bagaimana dia akan selalu kehilangan waktu saat keluar dari tikungan. Jika itu terjadi, dia akan semakin tertinggal pada setiap lap balapan.

Marquez dan timnya masih punya satu sesi latihan bebas sebelum menjalani sesi kualifikasi, Sabtu (25/3/2017). Balapan rencananya akan digelar Minggu malam waktu setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber MotoGP,Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.