Kompas.com - 12/03/2017, 14:48 WIB
Pebalap Ducati Team asal Italia, Andrea Dovizioso, berada di paddock pada hari kedua tes pramusim ke-3 MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (11/3/2017). MOTOGP.COMPebalap Ducati Team asal Italia, Andrea Dovizioso, berada di paddock pada hari kedua tes pramusim ke-3 MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (11/3/2017).
EditorPipit Puspita Rini

LOSAIL, KOMPAS.com - Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, memacu Desmosedici dengan tampilan berbeda saat turun pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (12/3/2017).

Motor Ducati Dovizioso dipasangi fairing baru yang didesain khusus menyusul larangan pemakaian winglet mulai musim ini. Dovizioso menutup hari kedua tes dengan berada di urutan ke-13 tercepat.


Hasil ini jauh menurun dibanding hari pertama, Jumat (10/3/2017), ketika dia menjadi pebalap tercepat. Meski begitu, Dovizioso mengaku mendapatkan banyak manfaat dengan fairing barunya.

"Kesan dengan fairing baru sudah bagus. Engineer kami sudah berkerja keras karena sangat sulit untuk mendapatkan downforce dengan peraturan baru," kata Doviziozo setelah sesi.

"Saya sangat senang dengan hasilnya. Masih belum diputuskan apakah kami akan memakai ini terus, tetapi menyenangkan bisa merasakan efeknya," ujar dia lagi.


Dovizioso menjelaskan bahwa penambahan fairing tersebut membuat motor lebih memliki downforce dan juga lebih stabil. Dia mengaku bisa melakukan akselerasi dengan lebih baik.

Dovizioso mengatakan bahwa catatan waktunya yang tidak sebagus kemarin lebih disebabkan kondisi lintasan yang tidak bagus karena perubahan cuaca.

"Kondisi hari ini benar-benar berbeda. Cengkeraman ban kami sangat buruk dan angin bertiup kencang saat kami memulai sesi. Hal itu membuat motor sangat sulit dikendalikan," kata pebalap Italia tersebut.

"Namun, saya senang bisa mengalami kondisi seperti ini karena kondisi yang sama bisa terjadi saat balapan. Jadi, penting untuk berusaha mengerti bagaimana bisa lebih baik dalam kondisi seperti ini," ujar dia lagi.


Rekan satu tim Dovizioso, Jorge Lorenzo (Spanyol), menutup hari kedua tes dengan berada di urutan ke-8. Namun, Lorenzo tidak memakai fairing baru seperti yang dipakai Dovizioso.

Hari terakhir tes di Sirkuit Qatar akan berlangsung Minggu (12/3/2017) pada pukul 16.00-23.00 waktu setempat (20.00-03.00 WIB).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Motorsport
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.