Dana Terbatas, Wapres Pangkas Jumlah Cabang Olahraga Asian Games 2018

Kompas.com - 08/03/2017, 19:53 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla KOMPAS.com / DANI PRABOWOWakil Presiden Jusuf Kalla
Penulis Dani Prabowo
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah nomor pertandingan yang akan dipertandingkan pada Asian Games XVIII/2018 terancam dipangkas.

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang sebelumnya ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Pengarah Asian Games 2018, menjadikan pelaksanaan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, sebagai acuan.

"Kalau Pak Wapres kriterianya jumlah pertandingan Incheon," kata Sekretaris Wapres Mohammad Oemar di Kantor Wapres, Rabu (8/3/2017).

Menurut Oemar, besarnya anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan pertandingan menjadi alasan dipangkasnya cabang pertandingan.

Panitia Penyelenggara Indonesia untuk Asian Games 2018 (Inasgoc) sebelumnya mengusulkan anggaran sebesar Rp 8,7 triliun. Namun, Wapres beranggapan anggaran yang diusulkan terlalu besar.

Sementara, Anggaran Pendapatan Belanja Negara dianggap tidak mampu untuk mendanai seluruh usulan yang diminta. Untuk itu, Wapres meminta agar usulan tersebut dievaluasi.

"Apa pun yang anggaran diminta untuk di-review apa-apa yang sifatnya pemborosan. Apa-apa yang masih bisa dimaksimalkan, yang duplikasi semua dihapus," ujarnya.

Wapres sebelumnya meminta agar anggaran Asian Games 2018 tidak lebih dari Rp 4 triliun. Menurut Oemar, jumlah tersebut belum final.

"Ancang-ancangnya antara Rp 4 triliun sampai Rp 4,5 triliun," kata dia.

Selain nomor pertandingan, pemangkasan anggaran juga berdampak terhadap efisiensi sarana dan prasarana yang akan digunakan saat pertandingan.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X