Penyelenggara Asian Games 2018 Sasar Sponsor Kelas Dunia

Kompas.com - 07/03/2017, 20:41 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla Kompas.com / Dani PrabowoWakil Presiden Jusuf Kalla
Penulis Dani Prabowo
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Panitia Pengarah Asian Games 2018 Jusuf Kalla mengatakan, besarnya anggaran yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Asian Games XVIII/2018, membuat panita penyelenggara harus menggalang dukungan dari sponsor untuk membiayai perhelatan empat tahunan itu.

"Asian Games itu dibiayai oleh sponsor. Kita ingin aktif sponsor, bukan (hanya) Indonesia, tetapi Asia. Karena itu kami akan bekerja seperti itu di samping (menggunakan) APBN. Kalau semua mengharapkan APBN enggak cukup," kata Kalla usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (IORA) di Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Dana yang diusulkan panitia nasional penyelenggara Asian Games (Inasgoc) sebesar Rp 8,7 triliun. Adapun, dana yang dibutuhkan untuk tahun ini sebesar Rp 2,3 triliun.

Sementara, dana yang telah dialokasikan di dalam APBN 2017 baru sebesar Rp 500 miliar. Namun, dana tersebut belum cair lantaran masih menunggu peraturan presiden yang ditandatangani Presiden Joko Widodo.

Kalla berharap, agar para sponsor kelas dunia juga membantu pendanaan penyelenggaraan perhelatan tersebut. Dengan demikian, pelaksaan Asian Games dapat tersiarkan dengan baik di mancanegara.

"Sponsor dunia, ya contohnya Samsung, Toyota, Huawei, yang kalau dia pasang iklan, di seluruh Asia lihat. (Kalau hanya) Indonesia, buat apa dilihat sendiri," ujar Kalla.

"Karena itu kita usahakan perbanyak, agar image-nya harus baik. Tolong dibantu image-nya baik, sponsornya bagus. Kalau image-nya rendah, nanti telak, nanti macam-macam terus sponsornya ragu-ragu," kata Wakil Presiden itu.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X