Kompas.com - 02/03/2017, 23:17 WIB
|
EditorTjahjo Sasongko

GRESIK, KOMPAS.com – Mengusung target lolos ke babak final four, namun sampai dengan putaran pertama berakhir, tim putri Gresik Petrokimia masih tercecer di peringkat kelima klasemen sementara. Di bawah Jakarta Elektrik PLN, Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Energi, dan juga Bandung BJB.

Untuk itu, tim putri Gresik Petrokimia berambisi memenangi semua pertandingan yang bakal dilakoni di kandang sendiri, GOR Tridharma. Yakni, saat menghadapi Jakarta PGN Popsivo Polwan di hari pertama pada Jumat (3/3/2017) malam, dan kontra Batam Sindo BVN pada Minggu (5/3/2017) malam.

Pelatih tim putri Gresik Petrokimia asal China Li Huanning mengatakan, tim asuhannya sudah siap mewujudkan target yang dibebankan. Meski di satu sisi, pihaknya tidak melakukan perombakan pemain seperti kontestan lain. Dengan mengandalkan tenaga open spiker Hayley Spelman dari Amerika Serikat, serta Veronica Angeloni asal Italia yang baru bergabung pada seri terakhir putaran pertama.

“Karena putaran pertama kemarin kami bermain jelek dan kehilangan beberapa poin penting, maka tim ini (Gresik Petrokimia) harus kerja keras untuk dapat menggantikannya. Kami sudah siap untuk itu, dan sudah memperbaiki kekurangan di putaran pertama,” ucap Li Huanning, Kamis (2/3/2017).

Untuk lebih memadukan permainan antar pemain, termasuk dengan Veronica yang baru bergabung, tim putri Gresik Petrokimia pun menggelar laga uji coba menghadapi tim voli putri Universitas Surabaya (Unesa), Selasa (28/2/2017) lalu.

“Masuknya Veronica akan banyak membantu kami di putaran kedua. Tapi sebelumnya, karena dia pemain baru, tentu harus beradaptasi dengan pemain lain. Faktor itu pula yang membuat dia tidak maksimal di pertandingan terakhir putaran pertama kemarin. Tapi semua sudah saya benahi, dan semua terlihat sudah ada kemajuan saat uji coba kemarin,” ujar dia.

Dalam latihan di jeda turnamen selama tiga pekan, Li Huanning telah memperbaiki kinerja anak didiknya yang dianggap kurang, mulai dari block, defence, hingga receive. Karena kelemahan di sektor terakhir disebut, membuat tim putri Gresik Petrokimia menjadi bulan-bulanan para lawannya di putaran pertama.

Meski menyatakan tim asuhannya sudah siap mengalahkan Jakarta PGN Popsivo Polwan dan Batam Sindo BVN di laga kandang nanti, namun Li Huanning masih menutup rapat strategi apa yang bakal digunakan dalam meladeni permainan kedua tim itu nantinya.

“Pasti sudah ada strateginya, dan itu sudah saya pikirkan. Tapi tidak bisa saya beberkan saat ini, karena bisa terbaca oleh lawan,” kata dia.

Kesiapan dan keoptimisan serupa juga ditunjukkan oleh kapten tim putri Gresik Petrokimia, Bunga Mitasari. Ia yakin, tim yang dibelanya akan mampu tampil baik dan mampu mendulang angka maksimal saat tampil di hadapan para pendukung sendiri.

“Kami sudah kerja keras dalam berlatih selama jeda turnamen kemarin, semoga saja semua itu akan bisa keluar saat pertandingan. Sehingga kami akan bisa memenangi kedua pertandingan, untuk memberikan hiburan menarik bagi para pendukung yang datang langsung menyaksikan pertandingan, sekaligus membuka peluang lolos ke final four,” tutur Bunga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.