Kompas.com - 02/03/2017, 22:58 WIB
|
EditorTjahjo Sasongko

GRESIK, KOMPAS.com – Pertarungan di kategori putra maupun putri dalam Proliga 2017, diprediksi bakal kian sengit di putaran kedua yang mulai digelar di Gresik, Jawa Timur, pada Jumat-Minggu (3-5/3/2017).

Total ada sebanyak 12 pertandingan yang bakal diselenggarakan di GOR Tridharma, Gresik, dalam rentang tiga hari tersebut. Lima pertandingan di kategori putra dan tujuh laga di sektor putri, termasuk laga bagi tuan rumah, tim putri Gresik Petrokimia.

“Memasuki tahun yang ke-16 ini, kemenangan sangat penting bagi klub peserta Proliga tahun ini. Karena kemenangan menjadi penilaian pertama dalam penentuan peringkat, berbeda dengan edisi sebelumnya yang ditentukan oleh poin atau nilai,” ujar Direktur Proliga Hanny S. Sukarti, Kamis (2/3/2017).

Dalam peraturan baru Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), jumlah kemenangan menjadi penentu utama dalam penyusunan peringkat. Misal, ada tim yang memiliki poin 7 dengan dua kemenangan, sedangkan tim lain memperoleh 6 poin dengan tiga kemenangan, maka peringkat lebih tinggi diberikan kepada tim yang memperoleh kemenangan tiga kali.

“Ada peraturan baru ini, membuat tim tidak hanya ingin segera meraup poin tapi juga kemenangan. Sehingga bisa dipastikan persaingan akan lebih seru dan menarik, lebih-lebih di putaran kedua yang dimulai di Gresik ini,” kata dia.

Guna lebih menghidupkan persaingan, para kontestan Proliga 2017 juga diberikan kebebasan dalam mengganti para pemain yang dianggap kurang mumpuni selama menjalani putaran kedua, pada masa jeda turnamen selama tiga pecan kemarin.

“Dalam putaran kedua seluruh tim diwajibkan sudah memiliki pemain asing, minimal satu dan maksimal dua pemain. Dengan setiap tim diperbolehkan mengganti tiga pemainnya, termasuk satu pemain asing,” tutur Hanny.

Melihat ketatnya persaingan, tim putri Gresik Petrokimia berambisi memenangi semua pertandingan yang bakal dilakoni. Yakni, menghadapi Jakarta PGN Popsivo Polwan di hari pertama pada Jumat (3/3/2017) malam, dan kontra Batam Sindo BVN pada Minggu (5/3/2017) malam.

“Kami harus bisa memenangi pertandingan atas Popsivo dan Batam, karena kemenangan dari dua pertandingan itu akan mengatrol posisi tim di klasemen sementara, serta membuka peluang lolos ke babak final four,” ucap manajer tim putri Gresik Petrokimia, Sasono Handito.

Hingga putaran pertama berakhir. Tim putri Gresik Petrokimia masih terpaku di urutan kelima, di bawah Jakarta Elektrik PLN, Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Energi, dan juga Bandung BJB.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.