Kompas.com - 22/02/2017, 23:06 WIB
Menpora Imam Nahwari menjenguk mantan juara dunia rtinju, Elly Pical di RS Harapan Kita, Sabtu (18/02/2017). Menpora Imam Nahwari menjenguk mantan juara dunia rtinju, Elly Pical di RS Harapan Kita, Sabtu (18/02/2017).
EditorTjahjo Sasongko

KOTA TERNATE, Kompas.com - Menpora Imam Nahrawi bersama  Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Teguh Raharjo serta Walikota Ternate Burhan Abdurrahman membuka Kejuaraan Tinju Walikota Cup ke-3 dalam rangka Hari Jadi Kota Ternate ke-17, di Lapangan Ngaralamo Soa Sio, Kota Ternate, Malut, Rabu (22/2) malam.

Pada acara tersebut Menpora mengajak seluruh petinju berdoa untuk kesembuhan legenda tinju Indonesia Ellyas Pical yang sedang sakit.

Maluku Utara dan Maluku yang dahulu menjadi satu kesatuan wilayah selalu menjadi pabrik para petinju dan olahragawan hebat, seperti Ellyas Pical, Wiem Gomies, dan Albert Papilaya yang pernah mengharumkan nama Bangsa Indonesia.

Bangsa Indonesia tentu tidak pernah lupa dengan nama Ellyas Pical legenda tinju nasional asal Maluku yang meraih Gelar Juara IBF Kelas Bantam Junior, sementara yang terbaru pada PON XIX lalu di Jawa Barat, petinju Maluku Utara, Sunan Agung Amoragam menjadi yang paling perkasa dengan meraih medali emas di cabang tinju.

Sebagai informasi, beberapa hari yang lalu Menpora menjenguk Elly di RS. Harapan Kita Jakarta, seraya Menpora mengajak seluruh hadirin untuk memanjakan doa. "Mari kita sama-sama doakan untuk pulihnya kondisi legenda tinju nasional kebanggaan kita, beberapa hari yang lalu saya jenguk Ellyas Pical di rumah sakit, kondisi membaik setelah pemasangan ring pada jantungnya," ujar Menpora.

Berkenaan dengan Kejuaraan Tinju Amatir, semakin banyak kompetisi akan semakin banyak bibit handal dan juara akan lahir. Dicabang tinju, kompetisi amatir akan menjadi tiang penyangga lahirnya petinju profesional.

Ada hal penting yang disampikan oleh Menpora bahwa17 bulan jelang perhelatan Asian Games 2018, dari Maluku Utara tradisi lahirnya para juara tinju harus berlanjut. "Pada Asian Games nanti, provinsi ini harus menjadi bagian yang mencatatkan sejarah bangsa dengan menjadi peraih medali," pinta Menpora.

Sebelum gelaran tinju dimulai Ketua KONI Kota Ternate yang juga selaku Walikota, Burhan Abdurahman melakukan pengukuhan pengurus cabang olahraga KONI Kota Ternate. Pengurus cabang olahraga yang dikukuhkan diantaranya MUAYTHAI, PERSIROSI, PABSI, FORKI, PERKAMI, TAEKWONDO, PBSI, IKASI, Futsal dan IMI Periode 2017-2020.

Kejuaraan Tinju Amatir Walikota Cup ke-3 ini diikuti 285 atlet, diantaranya ada Junior 100 atlet dan 34 atlet putri. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Menpora, dilanjutkan menyaksikan beberapa pertandingan tinju di antaranya pada Kelas 46 Kg Junior Boys antara Idghar Gilman dari Sasana Touter BC dengan Ari Putra Ananda dari Sasana Sentral BC yang dimenangkan TKO pada ronde 2 oleh Ari Putra Ananda. Hadir pula dalam pembukaan tersebut Forkompinda Kota Ternate, Sekretaris Daerah Kota Ternate M. Tauhid Soleman dan Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Timur M. Abdul Nasar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.