LIMA Badminton Digelar di Malang

Kompas.com - 22/02/2017, 09:10 WIB
Liga Mahasiswa Badminton 2017 digekar di kota Malang Liga Mahasiswa Badminton 2017 digekar di kota Malang
EditorTjahjo Sasongko

MALANG, Kompas.com - Ajang LIMA Badminton McDonald’s East Java Conference-Subconference Malang menjadi ajang perdana LIMA Season 5. LIMA mengadakan kerjasama dengan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN) dalam penyelenggaraan ajang tersebut.

Penandatangan kesepakatan kerjasama LIMA-UIN Malang dilakukan dalam acara media gathering yang berlangsung di Ruang Kajian Mutu Gedung Rektorat UIN Malang, Selasa (21/2). Penandatangan kesepakatan kerjasama tersebut ditandatangani oleh CEO LIMA Ryan Gozali dan Rektor UIN Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si.

Sukses penyelenggaraan kompetisi olahraga dan pelatihan di season 4, Liga Mahasiswa (LIMA) kini akan menggelar season 5. LIMA Badminton menjadi cabang olahraga pertama yang akan dipertandingkan.

Dalam memenuhi hasrat peserta dari Perguruan Tinggi yang tidak bisa mengikuti kategori beregu menjadi acuan LIMA Badminton untuk membuka kategori perseorangan. Kategori perseorangan yang dipertandingan pada tunggal putra, tunggal putri, dan ganda campuran.

Malang menjadi kota pertama dalam perhelatan ajang LIMA Badminton McDonald’s East Java Conference (EJC). Malang dan Surakarta merupakan kota penyelanggara baru di LIMA Badminton bertujuan agar semakin banyak peserta yang ikut karena LIMA selalu memberlakukan kuota peserta agar tingkat kompetisi menjadi baik dan menarik.

Tercatat LIMA Badminton EJC nantinya akan diikuti tujuh Universitas di Malang. Tujuh Universitas yang akan turun pada ajang nanti yakni Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN), Universitas Udayana (UDAYANA), Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi (UNTAG), Sekolah Tinggi Informatika dan Komunikasi Indonesia (STIKI), dan Universitas Ma Chung (Ma Chung). Ketujuh Universitas tersebut sudah dipastikan mengirim pemain-pemain terbaiknya dalam ajang Badminton EJC-Subconference Malang.

Perhelatan LIMA Badminton EJC-Subconference Malang akan dilaksanakan pada 12-17 Maret 2017, venue kompetisi di Sport Center, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Sport Center Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, merupakan venue baru bagi Liga Mahasiswa dan pertama dalam ajang LIMA Badminton.

Ryan Gozali selaku CEO LIMA memiliki harapan besar dalam perhelatan LIMA Badminton di Malang, yang akan diselenggarakan di Sport Center, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. “Saya melihat banyaknya kampus di Malang yang belum memiliki infrastruktur yang memadai, namun UIN Malang merupakan salah satu kampus terbaik dari beberapa Universitas. Saya melihat ada potensi untuk bekerjasama dengan UIN. Kami berharap akan ada animo dan antusias mahasiswa untuk terjun dalam bidang olahraga,” jelas Ryan Gozali.

Liga Mahasiswa merupakan organisasi privat bertujuan untuk menciptakan platform bagi mahasiswa dan mahasiswi Indonesia utamanya di bidang olahraga. Dengan Tiga Pilar yang dimiliki oleh LIMA (academics, athleticism, social responsibility), LIMA berdedikasi penuh untuk fokus dalam hal pembinaan dan berharap dapat memunculkan bibit-bibit baru anak bangsa yang sportif, berpendidikan, dan peduli sosial, serta manusia yang lebih berkualitas.

“Tahun lalu hampir 160 Universitas diseluruh Indonesia yang ikut berkompetisi dalam lima cabang olahraga dengan jumlah student-athlete yang ikut serta sekitar 4.000 atlet dengan kenaikan peserta 20-30 % setiap tahunnya. Harapan kedepan Liga Mahasiswa akan terus menambah jumlah jangkauan kampus-kampus agar lebih terukur dari sisi pembinaan,” ujar CEO LIMA.

Namun, dalam ajang LIMA Badminton McDonald’s East Java Conference (EJC) nanti, Liga Mahasiswa tidak hanya berfokus pada bidang olahraga. LIMA merupakan jembatan antara pendidikan dan olahraga. LIMA bekerjasama dengan UIN untuk mengembangkan prestasi di bidang akademis dan olahraga, serta memiliki tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kampus.

Sementara itu, Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si selaku Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN) menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Liga Mahasiswa (LIMA) yang telah memberi kepercayaan kepada UIN sebagai tuan rumah penyelenggaraan LIMA Badminton McDonald’s East Java Conference-Subconference Malang. “Target UIN sebagai tuan rumah LIMA Badminton adalah dapat dikenal oleh masyarakat luas, karena itu sosialisasi, publikasi, dan institusi itu tidak pernah berhenti sampai kapanpun. Semakin banyak orang yang dapat menyaksikan kompetisi Liga Mahasiswa dan menyambutnya dengan baik, akan semakin banyak yang akan menganal kampus UIN dengan berbagai program studinya,” terang Rektor UIN Malang tersebut.

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan LIMA Badminton, harapan dari Rektor UIN adalah tidak hanya menjadi juara, namun bisa menjadi tuan rumah yang baik dan menjunjung tinggi sportivitas.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X