Kompas.com - 14/02/2017, 09:17 WIB
Penampilan Irene Kharisma saat menjalankan bidaknya pada kejuaraan dunia catur di Teheran, Minggu (12/2/2017). ADI PRINANTYO/KOMPASPenampilan Irene Kharisma saat menjalankan bidaknya pada kejuaraan dunia catur di Teheran, Minggu (12/2/2017).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

TEHERAN, KOMPAS.com -  Perjuangan pecatur putri Indonesia, Grand Master Wanita (WGM) Irene Kharisma Sukandar, untuk mencetak sejarah sebagai pecatur putri pertama Indonesia yang lolos ke babak kedua kejuaraan dunia catur putri, setara 32 besar dunia, belum terwujud.

Irene kalah 0,5-1,5 dari GM Zhu Chen, pecatur asal Tiongkok yang kini bermain untuk Qatar. Tersisihnya Irene di babak pertama Kejuaraan Dunia Catur Putri 2017 di Teheran, Iran, sedikit berbanding terbalik dengan penuturan juara catur putri Asia 2004 itu.

Menurut Irene, penampilannya lebih rileks ketimbang saat pertama kali berlaga di kejuaraan dunia, yakni di Sochi, Rusia, dua tahun lalu. Ketika itu, ia kadang waswas dengan strategi kejutan lawan.

Kali ini ia lebih siap, dan kesiapan itu dipengaruhi dua hal. ”Pertama, ini sudah kejuaraan dunia yang kedua buat saya. Kedua, persiapan saya jauh lebih lama. Kalau dua tahun lalu hanya bersiap dua bulan, kali ini satu setengah tahun,” katanya.

Versi lengkap artikel ini bisa dibaca di rubrik olahraga Harian KOMPAS edisi 14 Februari 2017. Untuk berlangganan, klik di sini, atau kunjungi kompas.id untuk menikmati dalam platform digital.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.