Permintaan Maaf Petenis Kanada Setelah Cederai Mata Wasit

Kompas.com - 07/02/2017, 19:34 WIB
Wasit Arnaud Gabas mengalami memar di mata sebelah kiri setelah terkena bola hasil pukukan petenis Kanada, Denis Shapovanov, pada laga Piala Davis di Ottawa, Kanada, 5 Februari 2017. LARS HAGBERG/AFPWasit Arnaud Gabas mengalami memar di mata sebelah kiri setelah terkena bola hasil pukukan petenis Kanada, Denis Shapovanov, pada laga Piala Davis di Ottawa, Kanada, 5 Februari 2017.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

OTTAWA, KOMPAS.com - Petenis muda Kanada, Denis Shapovalov, dikenai denda 7.000 dollar AS (sekitar Rp 93,3 juta) setelah bola hasil pukulannya mengenai mata wasit Piala Davis, Arnaud Gabas, Minggu (5/2/2017). 

Shapovalov, 17 tahun, melakukan hal tersebut ketika sedang tertinggal 3-6, 4-6, 1-2 oleh petenis Inggris Raya, Kyle Edmund, pada babak pertama grup dunia.

Saat itu, kedudukan antara Kanada dan Inggris Raya sedang imbang 2-2. Namun, pasca-insiden tersebut, Shapovalov didiskualifikasi dan Kanada pun kalah 2-3.

Atas perilakunya itu, Shapovalov dijatuhi denda oleh Federasi Tenis Internasional (ITF) sebesar 7.000 dolar AS.

 

Denda itu terdiri atas 2.000 dolar AS karena kesalahan sang petenis, serta 5.000 dolar AS atas tindakan tak sportifnya.

Awalnya, Shapovalov terancam didenda 12.000 dolar AS. Akan tetapi, ia terhindar dari hukuman itu karena tindakannya dinilai tak disengaja.

Seusai pertandingan, Shapovalov langsung merilis permintaan maaf melalui Twitter pribadinya.

"Saya sangat menyesal kepada Gabas. Saya juga minta maaf karena membiarkan negara saya kalah," tulis Shapovanov.


"Saya minta maaf kepada semua penggemar tenis, dan juga untuk pendukung serta sponsor . Saya malu atas perilaku saya yang tak profesional. Saya pun siap menerima konsekuensi apa pun."

Gabas dilarikan ke rumah sakit di Ottawa, Kanada untuk mendapatkan perawatan. Ia mengalami memar di sekitar mata kirinya.

Namun, pihak rumah sakit menyatakan Gabas tidak mengalami masalah serius pada matanya tersebut.



Sumber Twitter
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X