Kompas.com - 17/11/2016, 16:22 WIB
Pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Alex Rins, memacu motornya pada tes pasc-musim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Selasa (15/11/2016). MOTOGP.COMPebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Alex Rins, memacu motornya pada tes pasc-musim di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Selasa (15/11/2016).
EditorPipit Puspita Rini

VALENCIA, KOMPAS.com - Pebalap Spanyol, Alex Rins, tidak akan turun bersama Suzuki pada tes pasca-musim di Sirkuit Jerez, Spanyol, pekan depan.

Rookie MotoGP tersebut mengalami kecelakaan cukup parah di tikungan 12 Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada jam pertama hari kedua tes pasca-musim, Rabu (16/11/2016).

Akibat kecelakaan tersebut, Rins terluka di bagian tulang vertebra T8 dan T12. Dia harus istirahat sekitar sebulan untuk memulihkan kondisi.

"Sayang saya mengalami kecelakaan pada awal hari ini (Rabu) karena saya ingin meningkatkan feeling dengan motor dan kami menjalani rencana yang tepat bersama tim," ujar Rins.

Rins mengaku kecewa karena tes ini seharusnya jadi kesempatan penting untuk mengenal motor yang akan dia pakai musim depan dan mendapatkan kepercayaan diri.

"Sekarang saatnya pulang ke rumah, beristirahat, lalu memikirkan tentang tes pramusim," kata Rins.

Tes pramusim MotoGP 2017 akan dimulai di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 30 Januari-1 Februari. Dua tes berikutnya akan digelar di Sirkuit Phillip Island, Australia, dan Sirkuit Losail, Qatar.

"Terima kasih kepasa seluruh anggota Team Suzuki Ecstar atas kebaikan terhadap saya selama beberapa hari ini dan atas kerja keras mereka agar saya bisa memulai persaingan MotoGP dengan cara terbaik," ujar pebalap 20 tahun tersebut.

Rekan satu tim Rins, Andrea Iannone, juga mengalami insiden di tikungan yang sama, pada jam pertama sesi. Pebalap Italia tersebut merasakan sakit di siku, tetapi masih bisa melanjutkan sesi.

Setelah kecelakaan Iannone, sesi sempat dihentikan sekitar satu jam untuk memberikan kesempatan marshal memperbaiki tumpukan ban pembatas lintasan, sekaligus menambah pengaman di tikungan 12.

Iannone akan ditemani pebalap penguji Suzuki, Takuya Tsuda, pada tes di Sirkuit Jerez, pekan depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.