Kompas.com - 09/11/2016, 17:20 WIB
Pakar rules of golf Indonesia, Eddy Putra, menghadiri turnamen Indonesia Ultimate Golf Series di Emeralda Golf Club, Desa Tapos, Cimanggis, Bogor, Kamis (3/11/2016). SEPTIAN TAMBUNAN/JUARA.NETPakar rules of golf Indonesia, Eddy Putra, menghadiri turnamen Indonesia Ultimate Golf Series di Emeralda Golf Club, Desa Tapos, Cimanggis, Bogor, Kamis (3/11/2016).
EditorAloysius Gonsaga AE

BOGOR, KOMPAS.com - Pakar rules of golf asal Indonesia, Eddy Putra, mengungkapkan sisi menarik olahraga golf saat ditemui dalam turnamen Indonesia Ultimate Golf Series (IUGS) di Emeralda Golf Club, Kamis (3/11/2016). Membuka cerita, Eddy, yang ikut beraksi dalam IUGS seri pertama ini mengaku suka dengan karakter lapangan Emeralda Golf Club.

"Lapangannya menantang. Beberapa hole dibuat cukup lebar dan beberapa cukup sempit sehingga tantangannya bervariasi," kata Eddy kepada JUARA.

"Lapangan ini memang buat turnamen, tetapi bisa dimainkan untuk semua level, baik untuk level prestasi maupun rekreasional," ucap dia lagi.

Eddy menilai arena yang terletak di kawasan Desa Tapos, Cimanggis, Bogor, ini tidak terlalu sulit untuk kalangan prestasi alias profesional, tetapi juga tidak terlalu mudah bagi kalangan rekreasional.

"IUGS merupakan kompetisi rekreasional karena lebih mengarah untuk memberikan daya tarik pariwisata," ujar Eddy.

Eddy pun mulai membahas golf secara lebih mendalam.

"Sebenarnya yang utama dalam golf adalah berkompetisi dengan diri sendiri bukan orang lain. Misalkan bermain tenis, ada saatnya kita tidak bisa mengembalikan bola pukulan lawan, namun di golf bola itu diam. Jadi, semua tergantung kita," kata Eddy.

Sosok yang murah senyum ini mengaku golf dapat menghukum diri sendiri, seperti ketika bola jatuh di bunker atau kolam, maka pemain itu akan menanggung kerugian dari kesalahannya sendiri. Pegolf kemudian harus lapang dada menerima kesalahannya dan melanjutkan permainan.

"Golf adalah satu-satunya olahraga yang memberikan penalti untuk diri sendiri," ucap Eddy.

"Maka dari itu, olahraga ini disebut gentleman game lantaran pemain diminta untuk menjunjung kejujuran," tuturnya lagi.

Seri pertama IUGS digelar pada Kamis (3/11/2016). Emeralda Golf Club menjadi arena pembuka sebelum berlanjut ke seri kedua yang akan bergulir pada 3 Desember mendatang di Nirwana Bali Golf Club. (Septian Tambunan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber JUARA

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.