Kompas.com - 02/11/2016, 17:48 WIB
Pebasket Miami Heat, Ray Allen, bereaksi setelah melakukan tembakan tiga angka pada gim kelima Final Wilayah Barat NBA Playoff 2014 melawan Indiana Pacers di Bankers Life Fieldhouse, 28 Mei 2014. ANDY LYONS/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP PHOTOPebasket Miami Heat, Ray Allen, bereaksi setelah melakukan tembakan tiga angka pada gim kelima Final Wilayah Barat NBA Playoff 2014 melawan Indiana Pacers di Bankers Life Fieldhouse, 28 Mei 2014.
EditorPipit Puspita Rini

KOMPAS.com - Ray Allen akhrinya resmi menyatakan pensiun dari National Basketball Association (NBA). Allen mengumumkan keputusan tersebut lewat surat yang dimuat di The Players' Tribune, 1 November 2016.

Surat tersebut ditujukan untuk versi muda dirinya sendiri yakni Allen yang berusia 13 tahun. Dalam tulisan bertajuk Letter to My Younger Self tersebut, Allen bercerita tentang masa mudanya hingga menjalani karier sebagai pemain NBA.

"Saya menulis surat ini sebagai pria berusia 41 tahun yang pensiun dari pertandingan (NBA). Saya menulis ini kepadamu sebagai pria yang sepenuhnya merasa damai dengan dirinya sendri," demikian sebagian tulisan Allen.

Allen 10 kali terpilih bermain di All-Star Game. Dia juga masih menjadi pemain dengan jumlah tembakan tiga angka terbanyak sepanjang sejarah NBA yaitu 2.973 kali dari 7.429 percobaan, atau dengan rata-rata 40 persen.

Selama 18 tahun berkarier di NBA, Allen sudah meraih dua gelar juara, bersama Boston Celtics pada 2008 lalu Miami Heat pada 2013.

Dalam suratnya, Allen menyebut kebanggaannya bisa meraih gelar tersebut bersama para bintang NBA lainnya, di antaranya Kevin Garnett, Paul Pierce, LeBron James, dan Dwyane Wade.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Suatu pagi tanggal 21 Juni 2013. Kamu berusia 38 tahun dan baru beberapa jam yang lalu kamu memenangi gim ke-7 NBA Finals bersama Miami Heat. Kamu menjadi juara NBA untuk kali kedua," tulis Allen dalam suratnya.

Pada NBA Finals 2013, Heat mengalahkan San Antonio Spurs dengan 4-3. Pada gim ketujuh atau penentuan, Heat menang 95-88 atas Spurs.

Setelah memperkuat Miami hingga akhir musim 2013-2014, Allen tidak lagi bermain di NBA. Namun selalu ada kemungkinan dia akan kembali.

Beberapa tim masih menunjukkan ketertarikan untuk membawa Allen kembali. Namun, pengumuman lewat surat tersebut memupus semua harapan untuk melihat Allen kembali beraksi di NBA.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.