Kompas.com - 30/10/2016, 12:43 WIB
Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Spanyol, Jorge Lorenzo, berbicara dengan krunya pada sesi latihan bebas ketiga GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Sabtu (29/10/2016). MANAN VATSYAYANA/AFP PHOTOPebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Spanyol, Jorge Lorenzo, berbicara dengan krunya pada sesi latihan bebas ketiga GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Sabtu (29/10/2016).
EditorPipit Puspita Rini

SEPANG, KOMPAS.com - Tidak seperti pada beberapa seri sebelumnya, Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) membalap dengan baik di lintasan basah Sirkuit Sepang pada dua hari pertama GP Malaysia, 28-29 Oktober.

Lorenzo bahkan berhasil merebut posisi start di baris terdepan setelah mencatat putaran tercepat ketiga pada sesi kualifikasi, Sabtu (29/10/2016).

Sesi ini berlangsung di lintasan yang belum sepenuhnya kering karena sebelumnya terguyur hujan. Dia hanya kalah cepat dari Andrea Dovizioso (Ducati Team) dan rekan satu timnya, Valentino Rossi.

"Di Sirkuit Sepang, saat hujan, saya selalu kuat. Jadi, saya tidak kaget bahwa akhir pekan ini saya bisa kompetitif saat hujan. Cengkeraman ban di lintasan juga sangat bagus," kata Lorenzo setelah sesi kualifikasi, yang dilansir Motorsport.com.

Lorenzo tak bisa bersaing pada tiga balapan musim ini yang berlangsung di lintasan basah, yaitu GP Belanda, GP Jerman, dan GP Ceko.

Dari tiga balapan tersebut, Lorenzo hanya bisa meraih total tujuh poin hasil finis di urutan ke-10 pada GP Belanda dan ke-15 pada GP Jerman. Dia finis di urutan ke-17 pada GP Ceko dan tidak meraih poin.

"Saya rasa tidak benar bahwa saya tidak pernah kompetitif saat hujan. Mungkin dengan Michelin, tahun ini saya sangat kesulitan menemukan feeling yang bagus dengan ban depan, terutama pada dua balapan pertama di lintasan basah (GP Belanda dan GP Jerman)," kata Lorenzo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Namun, sebelumnya dengan ban Bridgestone, saya memenangi beberapa balapan saat hujan. Saya meraih pole position dan naik podium. Saya hanya harus percaya diri. Ketika itu tidak ada, sulit untuk bisa cepat," ujar pebalap Spanyol tersebut.

Meski terbukti bisa membalap dengan baik di lintasan Sirkuit Sepang yang basah, Lorenzo mengaku lebih memilih balapan di lintasan kering. Dia yakin pebalap lain juga punya pendapat sama.

Balapan MotoGP Malaysia akan berlangsung Minggu (30/10/2016) mulai pukul 15.00 waktu setempat (14.00 WIB).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.