Kompas.com - 24/10/2016, 07:04 WIB
EditorPipit Puspita Rini

PHILLIP ISLAND, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, gagal finis untuk kali pertama pada musim ini setelah terjatuh saat menjalani balapan GP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (23/10/2016).

GP Australia digelar hanya sepekan setelah GP Jepang, ketika Marquez finis di urutan pertama sekaligus mengunci gelar juara dunia.

"Ketika kamu sudah meraih apa yang jadi targetmu, yaitu menjadi juara dunia, kamu akan mencoba untuk tetap sama, tetapi kamu membalap dengan cara berbeda, dengan kepercayaan diri lebih," kata Marquez yang dilansir Motorsport.com.

Marquez tengah memimpin balapan ketika terjatuh di tikungan 4 lap ke-10. Pebalap 23 tahun tersebut tidak mendapatkan poin untuk kali pertama pada musim balap 2016.

"Kami mencoba membalap dengan baik. Namun, itu sepenuhnya kesalahan saya. Saya sudah tahu, sudah merasakanya (sebelum kecelakaan). Salah saya ketika ban depan kehilangan cengkeraman," kata Marquez.

"Maaf kepada tim karena mereka sudah melakukan pekerjaan luar biasa pada akhir pekan ini. Namun, kami bukan mesin. Kadang, kami melakukan kesalahan," ujar pemilik tiga gelar juara dunia MotoGP tersebut.

Bagi Marquez, ini bukan kali pertama dia mengalami kecelakaan di Sirkuit Phillip Island ketika sudah berstatus sebagai juara dunia.

"Saya sudah melakukan kesalahan yang sama di tikungan berbeda pada 2014. Ketika itu saya menjadi juara dunia di Jepang, datang (balapan) di sini, membuka jarak, lalu kecelakaan," ujar Marquez.

Marquez berharap bisa menyelesaikan musim ini dan menjalani dua balapan tersisa dengan lebih stabil.

"Ketika targetmu sudah terpenuhi, jadi mudah untuk melakukan kesalahan. Pada balapan-balapan berikunya, saya akan mencoba untuk mengubahnya," ucap dia lagi.

MotoGP 2016 masih menyisakan dua seri yaitu GP Malaysia (28-30 Oktober) dan GP Valencia (11-13 November).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.