Kompas.com - 22/10/2016, 22:57 WIB
EditorTjahjo Sasongko

JAKARTA, Kompas.com - Indonesia gagal meloloskan wakil di final Denmark Open Super Series Premier 2016, setelah Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang turun di semifinal, sama-sama belum bisa mengantongi kemenangan.

“Sayang sekali dua wakil Indonesia di ganda putra dan ganda putri harus mengalami kekalahan hari ini. Kekalahan ini menjadi proses pembelajaran bagi mereka untuk ke depannya, agar bisa tampil lebih baik lagi,” kata Gita Wirjawan, Ketua Umum PP PBSI.

Greysia/Nitya lebih dulu terhenti. Mereka kalah dari pasangan Korea, Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan, 13-21 dan 24-26.  Tertinggal 5-9 di awal gim pertama, Greysia/Nitya kemudian sempat menyusul dengan 12-9. Namun mereka justru banyak melakukan kesalahan di poin-poin berikutnya. Jung/Shin balik melesat dengan 18-12. Ganda Indonesia ini akhirnya kalah 13-21.

“Dari gim pertama, waktu kami sempat unggul, kami banyak mati-mati sendiri. Jadi pas mereka menyusul kami malah nggak tenang dan terburu-buru,” kata Nitya.

Gim kedua berlangsung lebih menegangkan. Greysia/Nitya berusaha menyelamatkan posisinya di babak semifinal ini. Greysia/Nitya merebut poin 20 lebih dulu dengan 20-19. Setting point terjadi sebanyak lima kali, sebelum akhirnya skor 26-24 direbut Jung/Shin.

Selanjutnya, Angga/Ricky juga harus menelan kekalahan. Berhadapan dengan Bodin Issara/Niphitphon Phuangphuapet, Thailand, mereka kalah 11-21 dan 18-21, dalam 34 menit.
“Kami kurang panas di gim pertama. Jadinya kecolongan lawan lebih dulu,” kata Ricky.

“Di gim pertama dan kedua kami terus ketekan lawan. Di gim kedua walaupun coba bangkit tapi ternyata nggak bisa. Mereka serangannya bagus hari, sementara kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Permainan kami tidak keluar semuanya,” ungkap Angga kepada badmintonindonesia.org.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.