Kompas.com - 22/10/2016, 14:20 WIB
EditorPipit Puspita Rini

PHILLIP ISLAND, KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menyarankan agar GP Australia dipidah ke awal musim dengan pertimbangan cuaca yang sering buruk.

Hujan, angin, dan cuaca dingin membuat Race Direction memutuskan untuk membatalkan sesi latihan bebas kedua MotoGP dan Moto2, Jumat (21/10/2016).

"Sangat disayangkan karena tempat ini fantastis dengan lintasan spesial," kata Rossi yang dilansir Crash.net, Jumat.

"Namun, seperti biasa, kami datang saat kondisinya berbahaya. Jadi, kami bisa beruntung, seperti tahun lalu, tetapi seringnya kami tidak beruntung dan ini adalah musim dingin," ujar Rossi.

Tahun lalu, suhu di lintasan mencapai 17 derajat celcius. Akhir pekan ini, suhunya bisa mencapai 12 derajat. Sementara itu, suhu udara hanya 10 derajat celcius.

Hujan memang selalu jadi ancaman di sirkuit yang terletak di samping laut ini. Suhu udara pada Oktober memang cederung dingin karena di Australia bagian selatan masih memasuki masa akhir musim dingin atau awal musim semi.

"Masalahanya adalah terlalu banyak air. Namun, yang paling utama adalah soal suhu karena ketika suhu di aspal (lintasan) terlalu dingin, akan jadi berbahaya," kata pebalap 37 tahun tersebut.

Rossi mengatakan bahwa dia sudah pernah mengusulkan agar GP Australia dipindahkan ke awal musim sejak lima atau enam tahun lalu.

Selama ini, alasan Dorna -sebagai pemegang hak siar MotoGP- tidak bisa memindahkan GP Australia ke awal musim adalah benturan jadwal dengan Formula 1 yang digelar di Melbourne pada Maret.

Menurut Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, orang-orang yang mangatur gelaran Formula 1 sama dengan yang mengurusi MotoGP. Jadi, akan sulit untuk menggelar dua event besar dalam waktu berdekatan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.