Kompas.com - 16/10/2016, 18:06 WIB
EditorPipit Puspita Rini

MOTEGI, KOMPAS.com - Harapan pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2016 kandas setelah terjatuh saat balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (16/10/2016).

"Pertama-tama, saya ingin mengatakan bahwa saya baik-baik saja, untungnya tidak ada masalah. Di sisi lain, ini disayangkan karena saya cukup kuat dan punya kecepatan bagus," kata Rossi yang sempat terjebak di bawah motor.

Rossi mengawali balapan dari pole position. Namun, start-nya tidak terlalu bagus. Dia langsung terlewati Marc Marquez (Repsol Honda) dan Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha).

Rossi akhirnya berhasil naik ke posisi kedua setelah melewati Lorenzo pada lap keenam. Dia lalu berusaha mengejar Marquez yang memimpin balapan.

Pebalap berjulukan "The Doctor" tersebut mendapat masalah dengan ban depan saat melewati tikungan 10 pada lap ke-7. Rossi jatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan.

"Saya bisa sangat cepat dan mencoba mengejar Marquez, tetapi sayangnya saya kehilangan cengkeraman ban depan," kata pebalap 37 tahun tersebut.

"Sejujurnya, saya tidak merasakan (tanda) apa pun, saya tdak terlalu cepat, atau terlalu melebar, atau terlalu tajam menikung. Namun, saya kehilangan cengkeraman ban depan dan logikanya, saya membuat kesalahan," ujar Rossi.

Jatuhnya Rossi memperlancar jalan Marquez untuk menjadi juara. Sebelum GP Jepang, Rossi tertinggal 52 poin dari Marquez. Kini, dia terpaut 77 angka.

Lorenzo yang kemudian terjatuh pada lap ke-20 semakin melebarkan jalan Marquez. Setelah menyentuh garis finis di urutan pertama, Marquez resmi menjadi juara dunia MotoGP 2016.

Persaingan MotoGP 2016 masih menyisakan tiga seri yaitu GP Australia (21-23 Oktober), GP Malaysia (28-30 Oktober), dan GP Valencia (11-13 November).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.