Kompas.com - 15/10/2016, 18:55 WIB
EditorPipit Puspita Rini

MOTEGI, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, akan menempati posisi start kedua pada balapan GP Jepang, Minggu (16/10/2016), di antara dua pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Ketiga pebalap tersebut akan berada di baris terdepan start balapan yang akan digelar di Sirkuit Twin Ring Motegi mulai pukul 14.00 waktu setempat (12.00 WIB).

Marquez kalah cepat dari Rossi saat sesi kualifikasi, Sabtu (15/10/2016) siang. Dia melakukan kesalahan mengerem saat bersaing dengan Rossi pada menit-menit akhir sesi.

Pada percobaan terakhir, dia harus melambat karena bendera kuning berkibar menyusul kecelakaan yang menimpa Cal Crutchlow (LCR Honda).

"Saya melakukan kesalahan saat percobaan dengan ban kedua, tetapi saya senang (dengan start dari posisi kedua) karena sirkuit ini merupakan yang paling sulit buat saya sepanjang musim," kata Marquez setelah sesi.

"Akan lebih menyenangkan berada di posisi Valentino di pole position, tetapi saya berada di baris terdepan dan itu adalah target utamanya," ujar Marquez menambahkan.

Ketika ditanya soal keputusannya untuk melambat saat menjalani putaran terakhir sesi kualifikasi, Marquez mengaku memilih untuk melepas kesempatan meraih pole position dibanding mengambil risiko mengalami kecelakaan.

"Setelah kejadian di Sirkuit Silverstone pada 2013, setiap kali melihat bendera kuning saya akan melambat," kata pebalap 23 tahun tersebut.

"Saya tahu tadi adalah putaran terakhir sesi kualifikasi dan saya akan berusaha maksimal, tetapi saya melihat banyak orang (marshal) dan juga Cal," aku Marquez.

"Terlalu banyak risiko dan saya kehilangan waktu putaran, tetapi saya memilih seperti itu daripada akan seperti di Sirkuit Silverstone," ujar pemilik dua gelar juara dunia MotoGP tersebut.

Pada GP Inggris 2013, Marquez mengalami kecelakaan saat menjalani sesi pemanasan, di tikungan yang sama denagn Crutchlow jatuh, dalam waktu hampir bersamaan.

Motor Marquez meluncur menabrak motor Crtuchlow yang masih berada di gravel. Marquez mengalami dislokasi bahu kiri, tetapi tetap turun saat balapan dan finis di urutan kedua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.