Kompas.com - 15/10/2016, 17:52 WIB
EditorPipit Puspita Rini

MOTEGI, KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menutup hari kedua GP Jepang di Sirkuit Twing Ring Motegi, Sabtu (15/10/2016), dengan menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi.

"Hasil ini fantastis karena pole position ketiga saya musim ini, dan itu merupakan jumlah yang bagus," kata Rossi dalam konferensi pers setelah sesi kualifikasi.

Sebelum GP Jepang, Rossi mencatat pole position pada GP Spanyol dan GP Italia. Di Sirkuit Jerez dia finis di urutan pertama, sementara di Sirkuit Mugello dia gagal finis karena kerusakan mesin.

Rossi punya alasan lain untuk menghargai pencapaiannya pada sesi kualifikasi ini. Hasil tersebut didapat setelah dia menjalani hari yang berat.

Pada konferensi jelang event, Kamis (13/10/2016), Rossi mengaku mengalami jet-lagged berat yang sangat mengganggunya. Hari ini, dia mengaku sedikit sakit.  

"Kami juga mengalami kesulitan sepanjang akhir pekan ini (Jumat dan Sabtu) untuk menemukan setting motor yang tepat. Saya juga tidak bisa tampil 100 persen. Saya sedikit sakit, kondisi fisik saya tidak bagus," kata Rossi.

Rossi berhasil menyisihkan rasa kurang nyaman tersebut untuk mencatat putaran terbaik 1 menit 43,954 detik yang memastikannya meraih pole position.

Pada empat sesi latihan sebelum sesi kualifikasi, Rossi memang tidak tampil prima. Sementara itu, Marc Marquez (Repsol Honda) dan Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) selalu tampil lebih baik.

"Kami cukup dekat. Sepertinya Jorge dan Marc sedikit lebih cepat dari saya, tetapi saya dekat. Kami harus bekerja malam ini dan mencoba memperbaiki detailnya," kata pebalap 37 tahun tersebut.

Marquez dan Lorenzo akan mendampingi Rossi start dari baris terdepan pada balapan yang digelar Minggu (15/10/2016), masing-masing dari posisi start kedua dan ketiga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.